Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Satu Ponsel Android yang Mendukung Quick Charge 4.0

Kompas.com - 21/03/2018, 08:22 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Produsen chipset terkemuka, Qualcomm, baru-baru ini merilis daftar ponsel yang mendukung kemampuan Quick Charge 4.0. Sayangnya jumlahnya jauh dari harapan karena baru ada satu ponsel saja yang mendukung teknologi ini.

Perangkat yang menggunakan teknologi pencasan daya super cepat ini diklaim bisa terisi baterainya sebanyak 50 persen dari kondisi kosong hanya dalam waktu 15 menit.

Dalam rilisan tersebut tercatat hanya Razer Phone yang mendukung kemampuan ini. Ponsel gaming ini memang menggunakan chipset kelas atas dari Qualcomm, yakni Snapdragon 835.

Spesifikasi Razer Phone memang boleh dibilang tinggi. Selain dipersenjatai Snapdragon 835, ponsel ini memiliki RAM sebesar 8 GB dengan kapastias penyimpanan 64 GB.

Smartphone yang diklaim sebagai ponsel gaming ini memiliki keunggulan pada kapasitas RAM yang besar serta refresh rate layar yang tinggi dengan angka 120 Hz.

Baca juga : Razer Rilis Razer Phone, Smartphone Gaming dengan RAM 8 GB

Kendati demikian, Qualcomm yang bermarkas di Amerika Serikat ini menjanjikan akan ada lebih banyak perangkat yang mendukung Quick Charge 4.0. Dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (21/3/2018), Qualcomm menjanjikan kemampuan ini akan hadir pada smartphone LG G7 dan ZTE Nubia Z17.

Teknologi Quick Charge ini sejatinya sudah diperkenalkan oleh Qualcomm sejak 2013 silam. Kala itu, Quick Charge 1.0 pertama kali diperkenalkan untuk ponsel dengan chipset Snapdragon 600.

Kemudian berlanjut pada 2015 Qualcomm memperkenalkan Quick Charge 2.0 dan Quick Charge 3.0 pada 2016 lalu. Pada Juni 2017, Qualcomm mengumumkan Quick Charge 4.0+ yang mengedepankan manajemen daya dan keseimbangan termal yang cerdas. (Baca juga : Quick Charge 4 Plus Isi 50 Persen Baterai dalam 15 Menit)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com