Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/03/2018, 10:37 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Facebook ternyata tak hanya merekam e-mail dan nomor ponsel para penggunanya saja di database mereka. Beberapa pengguna melaporkan jika Facebook juga merekam riwayat panggilan telepon dan SMS dari ponsel Android.

Dengan begitu, Facebook pun bisa melacak pola komunikasi penggunanya, dan siapa saja yang sering mereka hubungi. Sejatinya, Facebook telah meminta izin akses langsung ke perangkat pengguna, saat mereka memasang atau meng-install aplikasi Facebook atau Messenger untuk pertama kalinya di ponsel Android.

File tersebut diakses sekali, lalu disimpan (cached), dan tidak akan diperbarui saat permintaan izin kedua dan seterusnya. Lantas, bagaimana caranya untuk mengecek, apakah SMS dan panggilan telepon kita terlacak atau tidak?

Baca juga: Facebook Lacak Riwayat Telepon dan SMS Pengguna Android

Cara mengecek panggilan telepon dan SMS yang direkam Facebook

Facebook menyimpan semua aktivitas penggunanya, sejak pertama kali log-in atau masuk ke akun Facebook. Semua rekam jejak, terpatri di database Facebook, yang bisa diunduh melalui tautan berikut.

Tautan tersebut mengarah ke laman setting atau pengaturan akun Facebook. Pilih tautan "Download a copy of your Facebook data" (Unduh salinan) yang berada di bawah kotak General Account Settings (Pengaturan Umum Akun).

Tautan unduh arsip FacebookKompas.com Tautan unduh arsip Facebook
Setelah mengklik link tadi, tekan tombol hijau Start My Archive atau opsi "mulai arsip saya", Anda akan dimintai kata sandi alias password Facebook. Butuh waktu beberapa menit bagi Facebook untuk mengirimkan salinan riwayat aktivitas Facebook Anda.

Sebelumnya, pastikan e-mail yang digunakan untuk mendaftar Facebook masih bisa dibuka, untuk mengunduh arsip Facebook. Setelah file diunduh, ekstrak file lebih dulu, lalu buka folder"HTML".

Buka folder, lalu pilih HTML, dan pilih ke kontak infoKompas.com Buka folder, lalu pilih HTML, dan pilih ke kontak info
Di sana akan terpampang semua informasi aktivitas Facebook pengguna, mulai dari profil, info kontak, linimasa, foto, video, teman, pesan, colekan, acara, kemanan, iklan, hingga aplikasi yang terkoneksi dengan Facebook.

Untuk melihat apakah panggilan telepon dan SMS terekam Facebook atau tidak, buka file HTML bernama Contact_info. Anda bisa membuka dengan notepad (klik kanan>Open With>notepad) atau double klik file HTML tersebut untuk membukanya di browser.

Baca juga: 5 Langkah Mengamankan Akun dan Data di Facebook

Gulir ke bawah untuk melihat apakah panggilan telepon dan SMS Anda juga dikumpulkan Facebook selama ini, seperti laporan yang dikeluhkan salah satu pengguna Facebook, Dylan McKay, yang mengaku jika Facebook memiliki riwayat telepon dan SMS dari orang-orang terdekatnya.

Jika tidak ada, artinya data panggilan telepon dan SMS Anda tidak terekam oleh Facbeook. Bisa jadi, hal itu karena kontak ponsel tidak tersinkron dengan Facebook mobile di Android, seperti yang dijelaskan salah satu jurnalis teknologi, Ed Bott di akun twitter-nya.

Dilansir KompasTekno dari Gadgets Now, Kamis (29/3/2018), pengguna iOS dilaporkan aman dari pelacakan panggilan telepon dan SMS.

Cara menonaktifkan sinkronisasi dan menghapus kontak

Jika Anda ingin menonaktifkan sinkronisasi dan menghapus kontak yang terekam di Facebook, klik tautan berikut. Halaman tersebut mengarah ke halaman pusat bantuan Facebook. Untuk menghapus kontak, gulir kebawah dan temukan tautan " Mengelola Kontak yang Diimpor untuk Messenger", lanjutkan dengan klik opsi "hapus semua".

Pilih opsi hapus semua, maka kontak yang terekam Facebook akan terhapus dan secara otomatis akan memutuskan sinkronisasi.Kompas.com Pilih opsi hapus semua, maka kontak yang terekam Facebook akan terhapus dan secara otomatis akan memutuskan sinkronisasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com