Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mozilla Punya Cara untuk Cegah Pencurian Data Facebook

Kompas.com - 31/03/2018, 14:19 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Tidak ingin data dicuri atau dimata-matai Facebook? Anda bisa beralih dari browser lama dan mulai menggunakan Firefox besutan Mozilla. Pasalnya Firefox kini punya ekstensi yang dapat membatasi Facebook dalam menggali informasi Anda.

Ekstensi tersebut bernama Facebook Container. Perangkat lunak tambahan ini dapat mengisolasi informasi pribadi Anda dalam sebuah "wadah" khusus berupa tab baru. Nah, tab ini kemudian akan mencegah dan melindungi informasi pengguna agar pihak luar tidak mengambil data tersebut.

Cara kerja ekstensi ini adalah, Facebook Container akan membatasi akses menuju informasi Facebook Anda. Misalnya Anda tengah memainkan sebuah game pada halaman Facebook di browser. Ketika Anda mengklik tautan tersebut, maka akan terbuka tab isolasi baru.

Sedangkan bagi Anda yang ingin membagikan sesuatu dari Facebook di situs lain, maka Firefox juga akan membukanya dalam sebuah tab berwarna biru.

Analogi dari cara kerja ekstensi ini adalah, data milik Anda akan dipindahkan pada sebuah "wadah/container" terpisah. Dengan begitu data serta informasi diri Anda akan sulit dijangkau oleh penyedia aplikasi pihak ketiga yang ingin memata-matai.

"Ekstensi ini membantu mengontrol lebih banyak aktivitas web dari Facebook dengan mengisolasi identitas ini pada sebuah tempat terpisah," sebagaimana diungkapkan Mozilla lewat blog resminya yang dikutip KompasTekno, Sabtu (31/3/2018).

Meski telah menginstal ekstensi ini bukan berarti Anda akan aman sepenuhnya. Namun, setidaknya Facebook Container ini akan mengurangi risiko pencurian data seperti kasus Cambridge Analytics yang baru-baru ini terjadi.

Bagi Anda yang ingin menginstal esktensi tersebut caranya cukup mudah. Anda tinggal masuk ke halaman ini melalui peramban Mozilla. Kemudian Anda tinggal menekan tombol "Add to Firefox" maka secara otomatis ekstensi ini akan terpasang.

Jika Anda menginstal ekstensi ini dalam kondisi sedang beraktivitas di Facebook, maka secara otomatis Mozilla akan menghapus semua cookies kemudian mengeluarkan Anda dari halaman Facebook. Setelah itu Anda tinggal masuk kembali melalui tab baru.

Jika proses instalasi ekstensi ini sukses, ketika Anda membuka halaman Facebook pada tab tersebut akan berubah menjadi warna biru pada bagian bawahnya. Ini merupakan salah satu upaya Mozilla untuk mencegah pihak ketiga menyedot data para pengguna browsernya.

Terkait kasus kebocoran data pengguna Facebook lalu, Mozilla memang boleh dibilang sebagai salah satu pihak yang sangat keras bersikap. Bahkan Mozilla akan mulai menarik seluruh iklannya dari Facebook.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com