Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Tutup Layanan Penyingkat Alamat Situs Web

Kompas.com - 02/04/2018, 06:54 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Usia layanan penyingkat URL goo.gl hanya mampu bertahan tak lebih dari satu dekade. Pasalnya, Google dikabarkan segera menutup layanan ini secara bertahap, hingga 2019 mendatang.

Melalui sebuah tulisan di blog resminya, penutupan goo.gl akan dimulai pada 13 April 2018. Google pun merekomendasikan agar para pengguna tak lagi memanfaatkan layanan ini setelah tanggal yang ditentukan.

Sebagai pengganti, Google tengah mempersiapkan layanan baru bernama Firebase Dynamic Links (FDL). Layanan ini diklaim memiliki fitur yang lebih beragam dan lebih cerdas dari goo.gl.

"Mulai 13 April 2018, pengguna tidak akan dapat membuat tautan pendek baru melalui layanan goo.gl," tulis Michael Hermanto, Software Engineer Firebase, sebagaimana dikutip KompasTekno dari blog resmi Google, Senin (2/4/2018).

"Jika Anda ingin membuat tautan pendek baru, sebaiknya Anda menggunakan Firebase Dynamic Links atau menggunakan layanan populer seperti Bit.ly dan Ow.ly sebagai alternatif," imbuh Hermanto.

Baca juga: April Mop, Ada Kejutan Game "Wheres Waldo" di Google Maps

Kendati demikian, bukan berarti tautan yang pernah dibuat sebelumnya melalui goo.gl tidak dapat diakses lagi.

Michael menegaskan, tautan yang pernah dibuat atau saat ini masih berupa link pendek dari goo.gl akan tetap dapat diakses dan dikelola hingga 2019 mendatang. Hanya saja, Google tetap merekomendasikan agar pengguna segera beralih ke layanan FDL yang lebih baru.  

"Setelah 30 Maret 2019, semua tautan akan terus dialihkan ke tujuan tautan yang dimaksud. Tautan singkat Anda yang sudah dibuat tidak akan dimigrasikan ke layanan Firebase. Namun, Anda akan dapat mengekspor informasi tautan Anda dari konsol goo.gl," ungkap Michael.

Goo.gl adalah layanan penyingkat URL yang diluncurkan sejak 2009 silam. Kala itu tujuan Google meluncurkan layanan ini adalah untuk mempermudah proses sharing tautan, serta pengukuran trafik oleh pengguna.

Goo.gl kemudian menjadi layanan yang boleh dibilang sangat populer, karena fiturnya yang lengkap. Sejatinya hingga saat ini, ada beberapa layanan yang serupa dengan goo.gl, yakni Bit.ly dan Ow.ly.

Meski demikian, goo.gl dianggap sebagai layanan penyingkat URL yang paling baik, karena selain lengkap, layanan ini juga mudah digunakan oleh para pengembang aplikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com