Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GoPro Bikin Kamera Hero Murah Rp 2 Jutaan

Kompas.com - 02/04/2018, 18:17 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - GoPro memiliki kamera aksi andalan bernama Hero 5 dan 6 Black. Keduanya  memiliki kemampuan mumpuni, namun relatif mahal bagi sebagian orang, dengan harga mulai 300 dollar AS ke atas.

Kini sudah ada alternatif baru yang lebih terjangkau, berupa kamera aksi entry-level yang diperkenalkan oleh GoPro pekan lalu.

Namanya sederhana, hanya “Hero” tanpa embel-embel angka atau kata lain. Yang paling penting adalah harganya, karena GoPro Hero baru ini dijual dengan harga 199 dollar AS, atau sekitar Rp 2,8 juta.

Meski lebih murah dibandingkan Hero 5 dan 6 Black, tampilan Hero bisa dibilang sama persis seperti kedua kakaknya itu, dengan bodi yang sudah anti-air hingga kedalaman 10 meter.

Di punggung terdapat layar sentuh berukuran 2 inci, ada juga koneksi WiFi, Bluetooth, voice control, serta dukungan aplikasi Quick Stories besutan GoPro.

Baca juga: Bisnis GoPro Seret, Teknologi Kamera Dijual ke Vendor Lain

Ukurannya pun sama, sehingga aksesoris untuk Hero 5 dan 6 Black bisa pula dipasang di kamera Hero yang baru, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Senin (2/4/2018).

Perbedaan utama antara GoPro Hero dengan Hero 5 dan 6 Black ada pada kemampuan perekaman video dan foto. Berbeda dari dua model tersebut, Hero tak bisa merekam video 4K, mentok di resolusi full HD saja (1.920 x 1.080 piksel) .

Jepretan fotonya pun beresolusi 10 megapiksel, bukan 12 megapiksel seperti Hero 5 dan 6. Kamera Hero yang baru tidak dimaksudkan sebagai pengganti kamera aksi mungil Hero 5 Session yang akan terus dijual dengan harga kurang lebih serupa.

GoPro berharap banderol Hero yang relatif terjangkau, berikut fitur layar sentuhnya, bakal menarik para pengguna kasual di tengah-tengah produk kompetitor yang juga berharga murah.

Pabrikan kamera aksi ini belakangan memang menyasar konsumen entry level setelah didera kesulitan keuangan, setelah gagalnya produk drone Karma dan kompetisi yang makin ketat dengan pesaing.

Baca juga: CEO GoPro Bicara soal Penutupan Bisnis Drone

Akhir tahun lalu, harga kamera aksi Hero 5 dan 6 Black juga diturunkan, masing-masing sebesar 100 dollar AS, demi menarik pembeli.

Perlu ditambahkan bahwa banderol harga Hero di atas berlaku di AS. Harga produk GoPro resmi di Indonesia biasanya lebih mahal. Hero 5 Black, misalnya, dihargai 299 dollar AS (Rp 4 juta) di negara asalnya, tetapi dijual di kisaran Rp 4,6 juta di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com