Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30 Menit Menikmati Kamera Ponsel Terbaru Oppo F7

Kompas.com - 05/04/2018, 20:00 WIB
Auzi Amazia Domasti,
Dimas Wahyu

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini, tepatnya bulan April, smartphone Oppo akan meluncurkan produk barunya, Oppo F7, di Indonesia.

Sejauh ini belum ada pengumuman mengenai harga resmi dari produk tersebut. Namun, Oppo sudah mengadakan pre-launching F7 untuk Indonesia pada Rabu (4/4/2017) di Hotel Rasuna Icon, Kuningan, Jakarta.

Karenanya, Kompas.com bisa merasakan terlebih dahulu fitur-fitur terbarunya pada pre-launching tersebut, mulai dari tampilan layar super-full screen hingga kedua kameranya.

Fitur-fitur itu pun turut membuat penasaran Danita (22), seorang karyawan swasta yang juga salah satu peminat smartphone ini. 

“Paling penasaran dengan kamera Oppo F7, mau kamera depan atau kamera belakangnya,” ujar Danita.

Oppo F7 sendiri mengunggulkan kamera depan 25 MP dan fitur Artificial Intelligence (AI) yang ditanamkan dalam perangkatnya.

Pada fotografi ponsel, termasuk berfoto selfie, fitur kecerdasan buatan AI Beauty 2.0 dapat mengenali secara presisi sebuah subyek foto, seperti warna kulit, usia dan jender.

Teknologi ini pun diunggulkan karena bisa memindai 296 titik wajah sehingga smartphone bisa menyimpan database foto berdasarkan pengelompokan wajah orang.

Hasil selfie kamera depan Oppo F7.KOMPAS.com/Auzi Amazia Hasil selfie kamera depan Oppo F7.
Saat akan memotret obyek manusia, kamera Oppo F7 akan menunjukkan ikon perempuan atau laki-laki karena fiturnya bisa mengenali struktur wajah dan jender.

AI ini juga dapat mengenali obyek foto lain, seperti hewan atau makanan. Misalnya, ketika kamera akan memotret makanan, muncul ikon piring yang berarti mengenali bahwa obyek tersebut adalah makanan.

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, menjelaskan kalau kemampuan mengenali obyek ini disebut sebagai AI Scene Recognition yang lantas digunakan untuk mengoptimalkan hasil jepretan lewat penyesuaian setting kamera, dengan 16 preset di memori.

“Pada Oppo F5 dulu, AI hanya bekerja di kamera depan, tidak ada di kamera belakang. Oppo F7 mampu menerapkan AI di kedua kamera,” ujar Aryo, dikutip dari Kompas.com, Kamis (29/3/2018).

Objek makanan yang dipotret menggunakan Oppo F7 dapat dikenali kamera, terbukti dari munculnya icon makanan di sudur layar.KOMPAS.com/Auzi Amazia Objek makanan yang dipotret menggunakan Oppo F7 dapat dikenali kamera, terbukti dari munculnya icon makanan di sudur layar.
Selain itu, bagi Anda yang suka berfoto lucu menggunakan stiker, Augmented Reality (AR) Stickers juga memungkinkan hal tersebut saat selfie ataupun wefie.

Ada berbagai pilihan stiker yang bisa diaplikasikan ke tampilan wajah, termasuk saat Anda melakukan wefie. Fitur stiker ini bisa diaplikasikan hingga lebih dari lima orang dalam satu frame.

Fitur AR Stickers yang hadir dalam Oppo F7.KOMPAS.com/Auzi Amazia Fitur AR Stickers yang hadir dalam Oppo F7.

Sementara itu, kamera belakang Oppo F7 berukuran 16 MP dan juga mampu menghasilkan gambar dengan kontras warna yang jelas dan jernih. Aktivasi High Dynamic Range (HDR) dan fitur Depth Effect alias fitur bokeh turut menopang hasil foto.

 

Hasil foto dari kamera belakang Oppo F7.KOMPAS.com/Auzi Amazia Hasil foto dari kamera belakang Oppo F7.

Penerapan efek bokeh dengan kamera belakang Oppo F7.KOMPAS.com/Auzi Amazia Penerapan efek bokeh dengan kamera belakang Oppo F7.
Kemudian, Super Vivid Mode juga mampu meningkatkan saturasi warna obyek foto sehingga gambar yang dihasilkan bisa lebih hidup.

Hasil foto makanan dengan mengaktifkan super vivid mode Oppo F7.KOMPAS.com/Auzi Amazia Hasil foto makanan dengan mengaktifkan super vivid mode Oppo F7.

Bagi yang menyukai fotografi, kamera Oppo F7 juga menghadirkan fitur Expert. Karenanya, pengguna bisa mengatur efek foto secara manual. Di luar itu, ada pula fitur Timelapse dan Panorama.

Baca: Ini Spesifikasi Lengkap Oppo F7

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com