Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Zuckerberg, Pengguna Facebook Messenger Bakal Bisa Hapus Pesan

Kompas.com - 08/04/2018, 12:57 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Facebook tertangkap basah menghapus pesan lama Mark Zuckerberg dan beberapa petinggi Facebook yang dikirim beberapa tahun silam. Selama ini layanan pesan Facebook ataupun aplikasi Messenger tak memiliki fitur menghapus pesan sehingga pengguna biasa tidak mungkin bisa melakukannya.

Usai kepergok, Facebook mengaku memang telah sengaja menghapus sejumlah pesan yang pernah dikirim oleh beberapa eksekutif perusahaan, termasuk Zuckerberg selaku pendiri dan CEO. Facebook berdalih penghapusan perlu dilakukan demi kerahasiaan data, meyusul kejadian peretasan Sony Pictures pada 2014 lalu.

Baca juga: Pengguna Messenger Temui Pesan dari Zuckerberg Menghilang Tiba-tiba

Tak hanya itu, seolah ingin meredam amarah pengguna yang diperlakukan berbeda dari eksekutif Facebook, perusahaan tersebut kemudian menjanjikan bahwa fitur penghapusan pesan nantinya bakal tersedia buat semua orang, tak hanya terbatas untuk kalangan tertentu saja.

"Kami telah mendiskusikan fitur ini (penghapusan pesan) berungkali", jelas perwakilan Facebook, yang dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Minggu (8/4/2018). "Kami akan membuat fitur hapus pesan untuk tersedia secara umum," imbuh sang representatif.

Meski Facebook memberi janji manis, masih belum jelas kapan fitur ini akan diimplementasikan atau bagaimana cara kerjanya di Messenger nanti. Selagi menunggu kesiapan fitur penghapusan pesan, Facebook kembali berjanji bahwa para eksekutif perusahaan tak akan lagi menghapus pesan lama sebelum para pengguna Messenger mendapatkan kemampuan serupa.

"Kami seharusnya melakukan ini lebih awal. Kami menyesal tidak melakukannya," lanjut perwakilan Facebook yang kini tengah mendapat sorotan karena kasus bocornya data pengguna ke pihak ketiga. 

Baca juga: 9 April, Facebook Ungkap Siapa Saja Pengguna Indonesia yang Dicuri Datanya

Fitur penghapusan pesan hingga kini masih absen dari Messenger, meskipun sudah beberapa lama diterapkan di WhatsApp yang juga dimiliki Facebook. Pengguna Messenger memang bisa menghapus pesan yang ditulisnya dalam obrolan, tapi pesan tersebut hanya akan terhapus dari inbox pengguna, sementara lawan bicara tetap bisa melihatya, macam opsi "delete for me" di WhatsApp.

Messenger sebenarnaya juga memiliki fitur pesan yang bisa terhapus sendiri apabila telah lewat waktu tertentu yang disetel sebelumnya dengan timer. Namun, hal ini hanya tersedia di mode obrolan rahasia (Secret) yang terenkripsi dan tidak berlaku untuk chatting biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com