Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyaris Tanpa Bingkai, Smartphone Ini Sembunyikan Kamera di Balik Layar

Kompas.com - 08/04/2018, 15:09 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Para pabrikan smartphone terganjal komponen kamera depan, speaker telepon, dan sensor jarak dalam upaya mereka terus menerus melebarkan layar ponsel hingga nyaris tanpa bingkai.

Berbagai solusi coba ditempuh, seperti menyematkan komponen-komponen yang wajib hadir itu di bagian "poni" alias takik yang menjorok ke bagian dalam layar (iPhone X, Essential Phone, Oppo F7), atau memindahkan kamera ke salah satu sisi bingkai layar yang lebih tebal dari tiga sisi lainnya (Xiaomi Mi Mix).

Baca juga : Deretan Ponsel Android yang Tiru Poni Layar iPhone X

Pabrikan China bernama Doogee punya cara sendiri. Sebuah purwarupa ponsel mereka yang bernama Mix 4 memiliki layar yang nyaris sepenuhnya menutup bagian depan dengan rasio 97 persen berbanding bodi. Kok bisa?

Rahasianya ada di mekanisme slider (geser) khusus yang diterapkan Doogee pada Mix 4, mirip pada ponsel jadul semisal Nokia "pisang" 8110. Bedanya, yang digeser pada Mix 4 bukan penutup keypad, tapi layarnya.

Layar berukuran 6,2 inci  ini bisa digeser ke atas untuk menyembunyikan komponen kamera depan apabila sedang tidak dipakai, sehingga berujung pada penampilan yang nyaris tanpa bingkai tadi.

Sebagai gambaran luasnya layar Mix 4, bahkan iPhone X sekalipun memiliki rasio layar terhadap bodi yang hanya sebesar 83 persen, sementara Essential Phone 85 persen.

Sayangnya, layar geser milik Mix 4 tersebut bakal ikut menutup komponen speaker phone dan sensor jarak sehingga ponsel tidak bisa dipakai menelepon dalam keadaan kamera tertutup. Saat ingin melakukan panggilan atau menjepret selfie, penggunanya perlu menggeser layar lagi sehingga kembali memunculkan komponen-komponen tersembunyi itu.

Kekurangan lainnya adalah dimensi fisik ponsel yang jadi lebih tebal karena perlu mengakomodir mekanisme slider. Mix 4 memiliki ketebalan 11 mm, lebih gemuk dibandingkan ponsel modern lain yang biasanya memiliki ketebalan di kisaran 7mm hingga 8mm.

Informasi yang dihimpun KompasTekno dari The Verge, Minggu (8/4/2018) menyebutkan bahwa MIx 4 kemungkinan juga bakal dibekali dengan under-display fingerprint scanner yang tertanam langsung di layar. Fitur ini pertama kali hadir pada Vivo Apex yang juga memiliki mekanisme khusus (pop-up) untuk menyembunyikan kamera depan.

Baca juga : Vivo Apex Resmi Berlayar Bersih dan Kamera Depan Tersembunyi

Di punggung Mix 4 terdapat sepasang kamera. Masih belum banyak informasi lain yang diketahui tentang ponsel ini, mengingat ia masih berstatus sebagai prototype alias perangkat konsep. Meski demikian, seorang reviewer di YouTube telah berhasil menjajalnya. Silakan simak dalam video di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com