Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isi Pidato Zuckerberg soal Kebocoran Data di Hadapan Wakil Rakyat

Kompas.com - 10/04/2018, 20:29 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com —Facebook adalah perusahaan yang idealis dan optimistis. Sepanjang sejarah kami, Facebook fokus pada hal-hal baik yang muncul dari menjalin hubungan antara manusia,” tulis Zuckerberg dalam teks naskah kesaksiannya untuk dibacakan di hadapan kongres Amerika Serikat.

Dia mengawali pidatonya dengan menjabarkan aneka manfaat Facebook untuk masyarakat, mulai dari membantu korban bencana alam hingga menyediakan wadah untuk usaha kecil menengah.

“Namun, kini jelas bahwa kami tak melakukan langkah yang cukup untuk mencegahnya digunakan untuk menyakiti orang lain juga. Misalnya lewat berita palsu, intervensi asing dalam pemilu, ujaran kebencian, serta privasi developer dan data,” lanjut Zuckerberg, sang pendiri sekaligus CEO Facebook.

Nada tulisannya berubah lebih kelam seiring pengakuan Zuck bahwa Facebook, seperti juga segala hal lain, ibarat pedang bermata dua yang tak hanya bisa digunakan untuk memberi manfaat, tapi juga melukai.

Baca juga: Zuckerberg: Penyembuhan Facebook Sangat Mahal dan Lama

“Kami tak mengemban tanggung jawab dengan baik. Itu adalah kesalahan besar. Kesalahan saya dan saya meminta maaf. Sayalah yang mendirikan Facebook dan menjalankannya. Saya bertanggung jawab atas apa yang terjadi,” imbuh Zuckerberg.

Kongres Amerika Serikat memanggil Mark Zuckerberg untuk memberikan kesaksian atas skandal kebocoran data pengguna yang belakangan ini mendera Facebook. Zuckerberg diminta menyampaikan pandangannya di hadapan wakil rakyat tentang kasus tersebut.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNBC, Selasa (10/4/2018), pidato tadi merupakan naskah yang telah disiapkan sebelumnya untuk dibacakan di kesaksian Zuckerberg yang dijadwalkan pada Rabu (10/4/2018) besok waktu AS.

Di dalam teks sepanjang 2.800-an kata itu, Zuckerberg turut menjelaskan langkah-langkah apa saja yang telah diambil Facebook untuk mencegah kebocoran data serupa di kemudian hari.

Dia juga menyentuh topik intervensi Rusia terhadap pemilu AS yang dilakukan lewat Facebook serta hal-hal lain yang kemungkinan akan ditanyakan oleh kongres.

Naskah pidato Zuckerberg selengkapnya bisa dibaca di laman pemerintah AS di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com