Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi "Comet" dan "Sirius" Pakai Chip Snapdragon 710?

Kompas.com - 13/04/2018, 14:09 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabar yang beredar sebelumnya menyebut jika Qualcomm akan merilis chipset Snapdagron 670 di ajang Mobile World Congress di Barcelona 2018 lalu, yang akhirnya belum jadi.

Alih-alih merilisnya, Qualcomm justru dikabarkan mengganti nama chipset Snapdragon 670 menjadi Snapdragon 710. Chipset ini, menurut gosip yang beredar, akan dipasang di perangkat anyar Xiaomi, yang saat ini diberi kode nama Comet dan Sirius.

Sebelumnya dikabarkan jika dua seri Xiaomi tersebut akan dibekali Snapdragon 670. Dari bocoran firmware file yang terkuak saat kemunculan awal Comet dan Sirius, mengindikasikan bahwa Snapdragon 670 telah berganti menjadi Snapdragon 710.

Baca juga: Xiaomi Siapkan 2 Ponsel Snapdragon 670, Sirius dan Comet

Sumber dalam pun semakin meyakinkan bahwa Snapdragon 710 merupakan nama baru dari System-on-chip (SoC) 670. Sebuah tangkapan layar pun tersebar di forum Qualcomm Code Aurora yang semakin meyakinkan adanya Snapdargon 710.

Tangkapan layar dari forum Qualcomms CodeAruroa yang menunjukan perubahan nama chipset Snapdragon 670 menjadi Snapdragon 710XDA Developers Tangkapan layar dari forum Qualcomms CodeAruroa yang menunjukan perubahan nama chipset Snapdragon 670 menjadi Snapdragon 710
Pembocor ulung Roland Quandt mengklaim jika Snapdragon 710, akan menjadi chipset Snapdragon pertama dari Qualcomm di seri 700, yang juga menjadi seri pertama dengan "kepala" ganjil.

Baca juga: Qualcomm Rilis Snapdragon 700, Prosesor Kelas Menengah Bertenaga Flagship

Selama ini, Qualcomm seringnya menggunakan awalan angka genap di seri chipset pabrikannya, seperti seri 400, 600, atau tertinggi 800.

Dirangkum KompasTekno dari Gizmo China, Jumat (13/4/2018), beberapa spesifikasi Snapdragon 710 pun tersebar.

Snapdragon 710 akan menjadi penengah antara ponsel mid-range ke premium, dengan prosesor octa-core dan grafis Adreno 615 dengan jangkauan frekuensi 430 MHz dan 700 MHz.

Chipset ini juga akan tersusun atas CPU dual-core Cortex A75 dengan peforma tinggi, dan hexa-core Cortex A55 untuk performa rendah. Selain soal Snapdragon 710, bocoran soal Xiaomi Comet dan Sirius pun beredar, melalui update firmware yang beredar.

Untuk perangkat dengan kode nama Comet, kabarnya akan menjadi lini Mi yang baru, dengan mengusung panel OLED yang akan mendukung fitur Always-on Display. Perangkat ini akan dijalanakan dengan Android 8.0, terdapat slot dual-SIM, sensor IR, dan baterai berkapasitas 3,100 mAh.

Baca juga: Layar Xiaomi Mi 7 Juga Punya Poni?

Untuk perangkat Xiaomi berkode Sirius, kabarnya akan memiliki "notch" atau "poni" layar.
Perangkat ini juga disebut akan menjadi lini Mi, yang juga mendukung panel OLED.

Sirius juga akan mendukung mode portrait untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh. Serupa dengan Comet, Sirius akan menyediakan dual-SIM, sensor IR, serta akan menjalankan OS Android 8.1 Oreo, serta memiliki baterai kapasitas 3.120 mAh. Kedua perangkat kabarnya akan menghapus slot microSD dan meniadakan NFC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com