Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Wajah Baru Gmail setelah Dirombak Google

Kompas.com - 13/04/2018, 16:11 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Google baru saja mengumumkan rencana mendesain ulang tampilan Gmail, dalam beberapa minggu ke depan. Desain baru Gmail akan menyambut pengguna Gmail di desktop, dan sepertinya akan menyusul kemudian pada versi mobile.

Saat ini Google masih menggodok tampilan Gmail dengan beberapa mitranya. Dari laporan The Verge yang dihimpun KompasTekno, Jumat (13/4/2018), desain baru Gmail nantinya akan meliputi beberapa elemen khas Material Design (desain flat), dan beberapa fitur baru yang mulanya diperkenalkan untuk merombak kotak masuk Gmail.

Selain itu, Google juga berencana mengimplementasikan smart replies untuk Gmail di desktop. Fitur ini sebelumnya sudah ada di perangkat mobile, berguna untuk membalas e-mail secara cepat.

 

Prediksi tampilan Gmail setelah dirombakThe Verge Prediksi tampilan Gmail setelah dirombak

Ada pula fitur anyar bernama Snooze, yang memungkinkan pengguna untuk menunda sementara e-mail di kotak masuk Gmail, untuk beberapa waktu tertentu. Dengan begitu, pengguna bisa menghindari rantai percakapan e-mail tertentu.

Baca juga: Pengguna Gmail Bakal Bisa Browsing Langsung dari Inbox

Sebenarnya kedua fitur di atas sudah hadir di Gmail versi mobile, dan nampaknya akan segera hadir di desktop. Fitur baru lainnya adalah adanya sidebar di sebelah kanan, yang bisa digunakan untuk mengakses Google Calendar, menyimpan catatan, atau melakukan tugas lain dengan pesan e-mail pengguna.

Google pun menyipakan tiga layout baru untuk dipilih. Pertama, tampilan default untuk melihat lampiran file foto atau dokumen. Kedua adalah tampilan yang lebih sederhana, yang tidak menampilkan file lampiran (attachment). Terakhir, adalah tampilan inbox yang terlihat penuh, dan cukup dilihat dalam satu halaman.

Di sisi lain, Google berencana menyediakan semua desain baru untuk para pengguna G Suite, layanan komputasi integrasi aplikasi Google dan Gmail dalam beberapa minggu ke depan. 

Sepertinya, desain baru ini akan diumumkan dalam agenda kumpul developer tahunan, Google I/O yang akan berlangsung 8 Mei 2018 mendatang di Mountain View, California, AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com