Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Namai Galaxy Note 9 "Mahkota"

Kompas.com - 16/04/2018, 15:39 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun ini, Samsung akan merilis generasi ke-8 seri Galaxy Note, yang bocorannya sudah banyak beredar di internet. Phablet Flagship anyar tersebut tak lain adalah Galaxy Note 9, yang dari selentingan kabar, telah muncul kode nama dan seri nomornya.

Dari informasi yang dibeberkan pembocor gadget ulung Evan Blass, kode nama Galaxy Note 9 akan menggunakan nama "Crown", atau dalam bahasa Indonesia berarti "mahkota", dengan nomor seri SM-N960U.

Sebenarnya, Blass bukanlah pembocor pertama soal nama sandi Galaxy Note 9. Sebelumnya, XDA Developers, telah memublikasikan nama kode untuk 26 perangkat Samsung yang belum dirilis pada awal tahun ini, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Gizmo China, Senin (16/4/2017).

Baca juga: Uji Benchmark Ungkap Spesifikasi Galaxy Note 9

Duo Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus yang kala itu belum rilis, termasuk di antara daftar tersebut, disusul dua perangkat lain, yakni Galaxy S9 Active dan Galaxy Note 9. Bocoran spesifikasi yang beredar menyebut Galaxy Note 9 akan mengusung layar berbentang 6,4 inci dengan stylus pen.

Galaxy Note 9 akan dipersenjatai chipset Snapdragon 845 atau Exynos 9810, tergantung wilayah penjualan, seperti yang ada di duo Galaxy S9 dan S9 Plus. Meskipun ada juga yang mengatakan bahwa Galaxy Note 9 akan dibekali Exynos 9820, yang kabarnya masih dalam tahap pengembangan.

Kapasitas RAM mencapai 6 GB dan ROM 128 GB, dengan kapasitas baterai 4.000 mAh. Sepertinya, phablet ini masih akan mendukung Adaptive Fast Charging, dan generasi termutakhir Bixby AI yang disebut akan membuat perangkat ini semakin pintar dibanding pendahulunya.

Baca juga: Pemindai Sidik Jari Galaxy Note 9 Dipindah ke Layar?

Ada dugaan jika Galaxy Note 9 akan menyematkan in-display fingerprint atau pemindai sidik jari terintegrasi di layar. Rumor in-display fingerprint sensor beserta rumor lainnya bakal dibuktikan kebenarannya hingga Galaxy Note 9 resmi dirilis, di mana tanggal perilisannya pun masih dirahasiakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com