Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Kecerdasan Kamera Ponsel Redmi Note 5 AI

Kompas.com - 18/04/2018, 15:57 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siang ini, Rabu (18/4/2018), Xiaomi meresmikan kehadiran smartphone terbarunya, Redmi Note 5 AI Dual Camera, lewat acara peluncuran yang digelar di Jakarta.

Xiaomi Redmi Note 5 AI Dual Camera menjadi ponsel berbasis prosesor anyar, Snapdragon 636 pertama yang hadir di dunia, sekaligus di Indonesia.

Perlu ditambahkan bahwa Xiaomi Redmi Note 5 AI Dual Camera yang dipasarkan di Indonesia sebenarnya adalah versi upgrade dari "Redmi Note 5 Pro" yang baru dikenalkan secara global pada Maret 2018 lalu.

Upgrade ini meliputi fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) dan kamera dengan lensa berbukaan lebih lebar. Xiaomi kemudian menyebut upgrade seri ini sebagai "Redmi Note 5" tanpa embel-embel "Pro".

Baca juga: Xiaomi Luncurkan Redmi Note 5 AI Dual Camera

Jangan keliru pula dengan "Redmi Note 5/Redmi Note 5 Plus" yang meluncur lebih dulu pada Februari 2018 lalu di India, dan memiliki spesifikasi lebih rendah daripada "Redmi Note 5" yang hari ini diluncurkan di Indonesia.

Spesifikasi

Di luar penamaan yang membingungkan itu, spesifikasi Redmi Note 5 AI Dual Camera termasuk mumpuni untuk kelas harganya yang dipatok di harga Rp 2,5 juta untuk versi RAM 3 GB penyimpanan 32 GB, dan Rp 3 juta untuk versi RAM 4 GB penyimpanan 64 GB.

Selain dapur pacu chip Snapdragon 636, Redmi Note 5 AI dibekali RAM 4 GB, penyimpanan 64 GB, layar 5,99 inci (2.160 x 1.080 piksel, 18:9), baterai 4.000 mAh, dan OS Android Oreo 8.1 yang dilapis antarmuka MIUI 9.

Bagian punggung Redmi Note 5 dengan kamera ganda yang tersusun secara vertikal di pojok kiri atas, mirip iPhone X. Pemindai sidik jari berbentuk bundar tersemat di tengah.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Bagian punggung Redmi Note 5 dengan kamera ganda yang tersusun secara vertikal di pojok kiri atas, mirip iPhone X. Pemindai sidik jari berbentuk bundar tersemat di tengah.

Fitur andalan Redmi Note 5 AI adalah kamera ganda di bagian belakang dengan konfigurasi wide angle (12 megapiksel, lensa f/1.9) dan short telephoto (5 megapiksel, lensa f/1.9), sementara kamera depan memiliki resolusi 13 megapiksel.

Baca juga: Melihat Isi Kemasan Xiaomi Redmi Note 5 AI

Xiaomi Redmi Note 5 AI turut dibekali kecerdasan buatan/AI, yang dimaksudkan untuk memberikan efek-efek tambahan di hasil jepretan, baik untuk kamera depan maupun belakang.

Perbedaan hasil jepretan kamera wide angle (foto kiri) dan telephoto milik Xiaomi Redmi Note 5. Kamera telephoto diaktifkan dengan memilih mode Portrait. Latar belakang subyek bisa diburamkan (bokeh) dengan syarat harus menjaga jarak setidaknya 2,5 meter. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Perbedaan hasil jepretan kamera wide angle (foto kiri) dan telephoto milik Xiaomi Redmi Note 5. Kamera telephoto diaktifkan dengan memilih mode Portrait. Latar belakang subyek bisa diburamkan (bokeh) dengan syarat harus menjaga jarak setidaknya 2,5 meter.

Kecerdasan buatan pada Redmi Note 5 AI, misalnya, bisa menghasilkan efek bokeh (background blur). Tak hanya untuk kamera belakang, fitur bokeh juga disematkan di kamera depan yang hanya berjumlah satu.

Tak hanya kamera belakang, kamera depan Xiaomi Redmi Note 5 pun sanggup memburamkan latar belakang (foto kiri) dengan teknologi AI, tanpa membutuhkan kamera kedua. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Tak hanya kamera belakang, kamera depan Xiaomi Redmi Note 5 pun sanggup memburamkan latar belakang (foto kiri) dengan teknologi AI, tanpa membutuhkan kamera kedua.

KompasTekno sempat menjajal Redmi Note 5 AI Dual Camera barang sejenak, termasuk mencoba kebolehan fitur kecerdasan buatan yang ditanam di kameranya. Simak penelusuran selengkapnya dalam rangkaian foto di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com