Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerakan Donasi Kuota XL Berhasil Kumpulkan Kuota 195 TB

Kompas.com - 26/04/2018, 17:53 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

BINTAN, KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata sejak Agustus 2017 lalu meluncurkan Gerakan Donasi Kuota sebagai program corporate social responsibility (CSR).

Dalam program ini XL mengklaim telah mengumpulkan 195 TB kuota data yang akan disumbangkan ke sekolah-sekolah di Indonesia.

Menurut CEO XL Axiata Dian Siswarini, seluruh kuota ini didapatkan dari sumbangan sukarela para pengguna XL. Selain itu XL juga mengalokaskan sebesar 25 MB dari setiap paket Xtra Combo yang dibeli pengguna untuk disumbangkan.

"Kami menargetkan lebih dari 500 sekolah penerima di seluruh Indonesia. Ini agar internet bisa menjadi penunjang pendidikan di Indonesia. Agar semua tingkat SMA atau SMK bisa punya akses internet," ungkap Dian dalam acara penyerahan fasilitas internet cepat untuk sekolah di Kepualauan Riau, Kamis (26/4/2018).

Dian menambahkan bahwa selain kuota internet gratis, XL juga memberikan beberapa perangkat penunjang untuk sekolah, yakni router dan mobile broadband. Selain itu akan ada beberapa pelatihan khusus untuk SMA dan SMK penerima terkait penggunaan internet positif.

"Bukan hanya menyediakan layanan data, kami juga ingin membangun infrastruktur untuk masyarakat sehingga dapat menunjang perekonomian," lanjut Dian.

XL sendiri akan membagikan donasi kuota yang mencapai lebih dari 195 TB ini ke 578 sekolah di seluruh Indonesia.

Masing-masing sekolah nantinya akan diberi sekitar 240 GB dalam jangka waktu setahun. Mekanisme penyerahan donasi kuota ini akan dilakukan secara bertahap.

Agar tepat sasaran, operator seluler ini nantinya akan menggandeng Dinas Pendidikan setempat untuk mendapatkan data terkait sekolah-sekolah yang layak untuk mendapatkan donasi.

Data sekolah calon yang akan mendapat donasi pun disesuaikan dengan roadmap pemerintah terkait digitalisasi pendidikan. Penyaluran donasi juga akan disesuaikan dengan ketersediaan jaringan internet di lokasi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com