Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Perusahaan Publik, Spotify Beberkan Jumlah Pelanggan Berbayar

Kompas.com - 03/05/2018, 20:33 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Awal April lalu, perusahaan streaming musik Spotify melakukan penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO) di bursa saham New York Stock Exchange.

Pekan ini, Spotify merilis laporan keuangan pertamanya sebagai perusahaan publik. Di dalamnya diterangkan bahwa Spotify sekarang memiliki 170 juta pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) dan 75 pelanggan berbayar.

Jumlah pelanggan berbayar yang diungkap pada kuartal I-2018 itu lebih tinggi dari kuartal IV-2017 lalu, yang tercatat sebesar 71 juta.

Sebanyak 99 juta pengguna Spotify mendengarkan musik secara gratis dengan suguhan iklan. Sementara, pelanggan berbayar bisa menikmati musik tanpa iklan.

Untuk kuartal berikutnya, Spotify memproyeksikan jumlah pengguna aktif bulanan mereka meningkat antara 175 hingga 180 juta. Sementara, pelanggan premium diprediksi meningkat ke kisaran 79 hingga 83 juta.

Baca juga: Posting Spotify ke Instagram Stories Tanpa Screenshot, Begini Caranya

Pada akhir 2018, pengguna aktif bulanan Spotify diperkirakan bakal mencapai lebih dari 200 juta, dengan pelanggan bebayar di kisaran 90 juta.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (3/5/2018), perusahaan asal Swedia itu turut mencatat pendapatan sebesar 1,4 miliar Euro (sekitar Rp 23 triliun) untuk kuartal pertama 2018, sesuai dengan perkiraan analis sebelumnya.

Secara kumulatif hingga akhir tahun 2018 mendatang, pendapatan Spotify diproyeksikan mencapai kisaran 4,9 hingga 5,3 miliar Euro (sekitar Rp 88 triliun).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com