Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Windows 10 Bikin Chrome "Hang", Ini Saran Microsoft

Kompas.com - 04/05/2018, 13:09 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Usai memasang update terbaru Windows 10 yang dirilis April lalu, sejumlah pengguna mulai mengeluhkan masalah. Komputer mereka bisa tiba-tiba membeku (freeze, hang) saat membuka Google Chrome.

Browser ini dilaporkan bisa membuat komputer membeku (freeze, hang) tanpa alasan atau pola tertentu. Microsoft pun memberikan solusi sementara untuk masalah ini.

Ada pengguna yang mengatakan, komputer mereka hang ketika membuka tab Chrome baru, membuka jendela baru, ataupun ketika browser Chrome baru saja dijalankan. Komputer bisa dipulihkan dengan cara melakukan restart, tapi ini tidak menghilangkan problem Chrome yang membeku secara acak.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (4/5/2018), Microsoft selaku empunya Windows 10 mengakui adanya masalah tersebut, dan sedang menyiapkan “obatnya”.

Baca juga: Jutaan Android Hang Tiap Hari gara-gara Ucapan Selamat Pagi

“Microsoft telah mengetahui bahwa beberapa perangkat yang menjalankan Update Windows 10 April (versi 1803) bisa hang atau freeze saat menjalankan aplikasi tertentu, seperti ‘Hey Cortana' atau Chrome,” sebut sang raksasa software dalam keterangan di support site miliknya.

Perbaikan untuk masalah ini diharapkan bisa cepat selesai dan disertakan dalam update rutin Windows 10 berikutnya, yang dijadwalkan rilis pada 8 Mei 2018 mendatang.

Selagi menunggu obatnya, Microsoft menawarkan cara berikut sebagai solusi sementara, apabila komputer mengalami hang:

1. Coba kombinasi tombol Windows untuk “membangunkan layar”.  Caranya, tekan tombol “Windows + ctrl + shift + b” (tanpa tanda kutip) secara bersamaan.

Jika menggunakan tablet, tekan tombol volume up dan volume down secara bersamaan sebanyak 3 kali dalam waktu 2 detik.

Apabila sistem masih bisa merespon, akan terdengar bunyi “bip” singkat, dan layar akan berkedip atau menurunkan tingkat kecerahan.

2. Untuk pengguna laptop, cobalah menutup dan membuka kembali layar perangkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com