Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Video Iklan Terpopuler 2017 di YouTube Indonesia

Kompas.com - 09/05/2018, 12:52 WIB
Reska K. Nistanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - YouTube merilis daftar 10 iklan terpopuler Indonesia yang diunggah di platformnya, Rabu (9/4/2018).

Video iklan di YouTube yang dimaksud bukan iklan yang biasa muncul saat video mulai diputar, melainkan video iklan atau campaign yang diunggah di kanal masing-masing brand.

Kesepuluh video iklan populer itu didominasi oleh situs jual beli online (e-commerce). Terdapat tiga e-commerce Tanah Air yang masuk dalam 10 video populer, seperti Bukalapak, Shopee, dan JD.id.

Berada di posisi pertama adalah iklan Nego Cincai buatan Bukalapak. Iklan yang ditayangkan pada Januari 2017 untuk menyambut Imlek itu hingga berita ini ditayangkan sudah 14,5 juta kali ditonton.

Selain e-commerce, perusahaan teknologi digital Go-Jek, Smartfren, dan vendor ponsel China, Vivo juga masuk dalam daftar. Sisanya diisi oleh perusahaan retail, seperti Indofood dan Unilever.

Baca juga : Ini Dia 10 Video YouTube Terpopuler di Indonesia 2017

Menurut Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia, video YouTube kini telah menjadi bagian dari orang Indonesia.

Video bisa diakses di mana pun dan kapan pun, sehingga prime time ada di sepanjang waktu, tidak seperti di TV yang hanya di jam-jam tertentu saja. Karena itu, YouTube menjadi salah satu platform yang menarik di mata pengiklan.

Selain itu, berdasar survei yang dilakukan Google Indonesia bersama dengan lembaga riset Kantar, popularitas YouTube bukan hanya di perkotaan saja, melainkan juga di daerah, atau kota-kota kecil.

"Mereka (pengiklan) punya variasi lebih besar bagaimana ingin engage dengan komunitas, mau sekadar iklan biasa atau berkolaborasi dengan YouTuber," kata Vero.

Adapun 10 daftar iklan terpopuler berdasar views di YouTube Indonesia, sepanjang 2017 adalah sebagai berikut:

1. Bukalapak: Nego Cincai (Bukalapak)

2. Shopee: Godaan Shopee


3. Go-Jek: Hidup Tanpa Batas

4. Indofood: Indoeskrim - Kisah Legenda Nusantara (3)

5. Smartfren: Semua Gara-gara Saaih Halilintar - Ep 1

Halaman Berikutnya
Halaman:



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com