Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur "Your Phone" Bisa Operasikan Ponsel di Desktop Windows 10

Kompas.com - 09/05/2018, 17:27 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Raksasa software, Microsoft telah menyerah dengan bisnis Windows Phone yang semakin mendekati kematian. Namun perusahaan yang berbasis di Redmond tersebut, masih berupaya di bisnis itu melalui produk software.

Salah satunya dengan merilis aplikasi baru berjuluk "Your Phone" untuk Windows 10. Fitur tersebut dirilis dalam agenda Microsoft Build 2018 yang mulai berlangsung sejak tanggal 7 Mei 2018 di Seattle, Washington.

"Your Phone" didesain untuk mencerminkan data dari ponsel langsung di desktop. Artinya, data seperti SMS, foto, dan pemberitahuan dari ponsel bisa diakses langsung melalui desktop Windows 10.

Konsep ini sebelumnya sudah dikenalkan oleh Dell pada awal 2018 ini, yang menampilkan notifikasi ponsel ke layar PC.

Sehingga tak perlu khawatir jika tidak ada ponsel saat bekerja di depan laptop, atau bolak-balik menatap layar PC dan smartphone saat muncul notifikasi.

Tanpa ponsel fisik, pengguna Windows masih bisa membalas pesan, berbagi foto dari ponsel, serta melihat dan melihat notifikasi yang muncul di ponsel.

Fitur ini akan mendarat di iOS dan Android. Namun, dilansir KompasTekno dari The Verge, Rabu (9/5/2018), aplikasi ini akan bekerja secara lebih baik di ekosistem Android.

Baca juga: Update Windows 10 Bikin Chrome Hang, Ini Saran Microsoft

Misal kita sedang mengerjakan dokumen Microsoft Word di desktop, maka pekerjaan tersebut juga akan muncul di fitur Timeline di Android. Maka pengguna bisa melanjutkan pekerjaannya di ponsel, atau sebaliknya.

Fitur "Your Phone" juga bakal berbagi browsing data di perangkat iOS, namun syaratnya pengguna harus memasang peramban Microsoft Edge di desktop Windows maupun iPhone atau iPad.

Microsoft akan mulai menguji coba aplikasi "Your Phone" ke sejumlah pengguna Windows pad minggu ini.

Sambil menunggu fitur ini benar-benar siap digunakan di Windows 10, Microsoft saat ini tengah melakukan uji coba update besar-besaran. Update tersebut diberi kode nama "Redstone 5" yang kemungkinan akan segera dirilis tahun ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com