Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

John Legend Jadi Pengisi Suara Google Assistant

Kompas.com - 10/05/2018, 13:11 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyanyi internasional John Legend menjadi salah satu pengisi suara asisten virtual, Google Assistant. Pelantun lagu "All of Me" tersebut menjadi satu dari enam suara baru yang mengisi suara asisten digital Google.

Perusahaan search engine raksasa itu menggandeng perusahaan teknologi WaveNet dalam proses perekaman. Dilansir KompasTekno dari The Verge, Kamis (10/5/2018) suara merdu John Legend siap membantu pengguna Android mulai tahun ini.

Suara pemenang Grammy Award ini bisa didengarkan melalui mobile dan home speaker. Bukan kali ini saja Google menggandeng John Legend dalam proyeknya.

Menurut CEO Google, Sundar Pichai, suara John Legend tak akan muncul di setiap perintah suara. Suara Legend hanya akan merespons beberapa perintah dasar saja, seperti mengucapkan "hai", atau membacakan berita cuaca.

Baca juga: Video Klip John Legend Direkam Sepenuhnya dengan Google Pixel 2

Dalam kesempatan Google I/O 2018, Google menyebut jika pengguna tak lagi harus mengatakan "OK Google" untuk memerintah Google Assistant. Dengan fitur baru bernama "Pretty Please", pengguna bisa menggunakan kata "please" (tolong) dan "thank you" (terima kasih) untuk membuat perintah.

Hal ini dikarenakan, Google ingin semua orang termasuk anak-anak yang memanfaatkan Google Assistant, menerapkan sopan santun bahkan kepada asisten virtual.

Sebelumnya, Google berkolaborasi dalam penggarapan video musik lagu teranyar John Legend berjudul "A Good Night". Video tersebut direkam seluruhnya menggunakan smartphone pabrikan Google yakni Pixel 2 dan Pixel 2 XL.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com