Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diperbarui, YouTube Bisa Batasi Waktu Nonton Video

Kompas.com - 14/05/2018, 07:34 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform berbagi video, YouTube menambahkan fitur baru yang bertindak sebagai "timer" untuk membatasi waktu nonton video. Fitur baru berjuluk "take a break" mulai dirilis di aplikasi mobile untuk Android dan iOS.

Pengguna YouTube bisa mengatur fitur ini di menu "Settings" (pengaturan). Caranya, cukup ketuk foto profil di pojok kanan atas, gulir ke bawah dan klik opsi "Settings". Lantas, pergi ke menu "General", pilih "Remind me to take a break".

Pengguna akan disuguhkan beberapa pilihan durasi, mulai dari tidak pernah (never), setiap 15 menit, 30 menit, 60 menit, 90 menit, hingga 180 menit. Setelah pilih opsi durasi, pengguna akan diberi peringatan ditengah-tengah menonton video, sesuai durasi yang dipilih.

Tangkapan layar fitur take a break di YouTube mobileAndroid Authority Tangkapan layar fitur take a break di YouTube mobile
Kendati demikian, pengguna bebas ingin menghiraukannya atau tidak, mereka tetap bisa lanjut menikmati video.

Selain fitur pengingat untuk beristirahat, dilansir KompasTekno dari Android Authority, Senin (14/5/2018), ada dua fitur baru lagi yang ditambahkan YouTube.

Baca juga: Berapa Banyak Orang yang Menonton YouTube Setiap Harinya?

Pertama, fitur yang bisa membungkam suara dan getaran notifikasi dari aplikasi YouTube dalam kurun waktu tertentu. Kedua adalah fitur di mana pengguna bisa mengatur semua notifikasi dalam sehari, untuk dimunculkan pada jam-jam tertentu.

Pembaruan di mobile ini sebagai bagian dari misi Google, yang merupakan induk YouTube, untuk membuat kehidupan digital lebih "sehat".

"Membantu orang-orang dengan kehidupan digital yang lebih sehat, lebih penting bagi kami", ujar Vice Preisdent of Product Management Google, Sameer Samat dalam agenda kumpul developer Google I/O 2018.

Google juga menyiapkan Android Dashboard yang disebut akan meluncur bersama Android P.
Android Dashboard berguna untuk memberi tahu pengguna Android berapa lama waktu yang mereka habiskan dengan ponsel mereka.

Termasuk aplikasi mana yang paling sering mereka gunakan. Ada juga fitur "App Timers" yang membantu membatasi penggunaan aplikasi tertentu di perangkat Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com