Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Stories Mulai Dipasangi Iklan

Kompas.com - 19/05/2018, 08:19 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak dirilis 28 Maret 2017 lalu, Facebook belum pernah mengungkapkan pengguna Facebook Stories. Baru 14 bulan kemudian, tepatnya pada bulan Mei 2018, Facebook akhirnya mau membeberkan jumlah Facebook Stories yang diklaim mencapai 150 juta pengguna aktif harian.

Meskipun baru setengah pengguna Instagram Stories yang mencapai 300 juta pengguna, Facebook mulai ambil kesempatan untuk monetisasi Facebook Stories. Pekan ini, perusahaan jejaring sosial tersebut memulai uji coba iklan di Facebook Stories di AS, Meksiko dan Brazil.

"Iklan di Stories menambah banyak nilai bisnis di Instagram, dan kami yakin bisa melakukan hal yang sama dengan Facebook", ungkap Product Manager Facebook Zoheb Hajiyani.

Baca juga: 3 Fitur Baru Facebook Stories, Bisa Posting Suara Saja

Iklan yang dipajang berupa video berdurasi lima hingga 15 detik yang bisa dilewati pengguna. Untuk sementara belum ada tombol untuk mengunjungi laman pengiklan, tapi kemungkinan Facebook akan menambah fitur tersebut dalam beberapa bulan ke depan.

Pengiklan bisa memperluas iklannya dari Instagram Stories ke Facebook Stories. Facebook akan memformat ulang iklan di News Feed dengan warna yang sesusai dengan batasan dan teks di bagian bawah.

Facebook juga akan menambahkan fitur matriks untuk mengukur berapa banyak orang yang tertarik dengan iklan di Facebook Stories. Skema monetisasi baru ini diperlukan sebagai platform iklan baru untuk Facebook.

Baca juga: Facebook Stories Bakal Tersedia untuk Komunitas dan Influencer

Sebelumnya, Chief Product Officer Facebook Chris Cox memang pernah memprediksi bahwa tahun depan para pengguna bakal lebih banyak berbagi lewat Stories, ketimbang posting News Feed di Facebook. 

Selain Facebook Stories dan Instagram Stories, Facebook juga memaparkan jumlah pengguna WhatsApp Status yang fungsinya mirip-mirip Stories.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Sabtu (19/5/2018), jumlah pengguna WhatsApp Status menembus angka 450 juta harian, paling banyak diantara "saudaranya" yang lain. Sebagai perbandingan, Snapchat yang mempelopori posting gaya Stories justru hanya memiliki 191 juta pengguna harian hingga bulan Mei 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com