Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Bakal Ingatkan Pengguna yang Kelamaan "Scrolling"

Kompas.com - 22/05/2018, 15:23 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram agaknya tak ingin penggunanya berlama-lama scrolling (gulir) linimasa Instagram-nya. Kabarnya, paltform berbagi foto dan video ini sedang menyiapkan fitur untuk membantu membatasi waktu penggunaan Instagram.

Instagram akan menampilkan peringatan di tengah-tengah linimasa, setelah pengguna sudah menggulir kiriman yang diunggah 48 jam terakhir. Peringatan tersebut berbunyi "You're Caught Up-You've seen all new post from the past 48 hours".

Dilansir KompasTekno dari Tech Crunch, Selasa (22/5/2018), Instagram sendiri mengakui sedang menguji coba fitur tersebut.

CEO Instagram, Kevin Systrom mengamini jika perusahaanya sedang menyiapkan fitur yang membantu mengurangi ketergantungan Instagram.

"Kami sedang membuat alat yang membantu komunitas IG (Instagram) lebih memahami waktu yang mereka habiskan untuk Instagram - kapan pun itu, harus positif dan terencana," kicau Systrom dalam akun Twitter pribadinya.

Fitur baru Instagram yang akan memberi peringatan ke penggunanya jika telah melihat semua postingan yang diunggah dalam 48 jam terakhir.Tech Crunch Fitur baru Instagram yang akan memberi peringatan ke penggunanya jika telah melihat semua postingan yang diunggah dalam 48 jam terakhir.
Namun belum diketahui bagaimana cara kerja fitur tersebut, apakah benar-benar dari postingan Instagram yang baru diunggah 48 jam terakhir, ataukah postingan-postingan tertentu berdasarkan algoritma Instagram.

Sejauh ini, Instagram masih mengandalkan algoritma untuk mengurutkan konten di linimasa, yang mulai diterapkan tahun 2016. Sebelumnya Instagram mengurutkan linimasa berdasarkan kronologi waktu.

Baca juga: Foto di Linimasa Instagram Bisa Dikirim Langsung ke Stories

Perubahan tersebut berdampak pada urutan konten yang acak-acakan, sehingga tak jarang pengguna rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk menggulir linimasa, sekadar memastikan tidak ketinggalan informasi paling update dari akun yang diikuti.

Systrom juga membenarkan adanya fitur lain yang sedang disiapkan di Instagram yakni "Usage Insight". Fitur ini berguna untuk memberitahu pengguna berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk main Instagram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com