Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Bakal Bangun Kampus Baru di Pesisir Timur AS

Kompas.com - 22/05/2018, 16:41 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple disebut-sebut sedang merencanakan pembangunan kampus (kantor) baru di daerah Pesisir Timur Amerika Serikat, dengan fungsi berbeda dari kantor yang sudah ada sekarang.

Adapun kantor Apple di kawasan Pesisir Timur itu rencananya bakal fokus untuk penyediaan dukungan teknis serta pusat layanan pelanggan.

Saat ini belum diketahui wilayah Pesisir Timur mana yang akan jadi lokasi berdirinya kampus Apple terbaru. Namun desas-desus yang beredar menyebutkan ada kemungkinan lokasinya berada di Northern Virginia atau North Carolina.

Informasi yang dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (22/5/2018), Apple sudah mulai mempersempit pilihan yang ada, meski belum ada keputusan pasti.

Baca juga: Foto Kompleks Kantor Baru Google, Berundak seperti Sawah

Desas-desus yang beredar juga menyebut Apple kemungkinan membutuhkan lahan sekitar 1,2 juta meter persegi untuk membangun keseluruhan kampus baru. Sebagian besar kampus tersebut bakal dipakai untuk ruang perkantoran, dengan fokus pada layanan pelanggan. Kampus ini juga diperkirakan dapat menampung 20.000 orang pegawai.

Jika memang semuanya benar terwujud, maka ini berarti Apple telah memenuhi janjinya untuk mengucurkan investasi dan membuka sebanyak-banyaknya lapangan pekerjaan di Amerika Serikat.

Sebelumnya, Apple juga telah membangun kampus baru yang bernama Apple Park. Kampus tersebut dirancang berbentuk lingkaran, mirip UFO, dan sanggup menampung 12.000 orang pegawai.

Selain Apple, ada juga sejumlah spekulasi yang mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan teknologi di Pesisir Barat Amerika Serikat ingin mendirikan kantor baru di Pesisir Timur untuk mendekat ke pusat kekuasaan. Lokasi yang menjadi target perusahaan-perusahaan itu berada di dekat Washington D.C.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com