Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Mi 8, Smartphone Android Pertama dengan Sensor Wajah 3D?

Kompas.com - 23/05/2018, 03:13 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah foto yang memperlihatkan seseorang sedang mengoperasikan ponsel diduga Xiaomi Mi 8, beredar di jejaring sosial Weibo di China.

Dari foto tersebut, tampak "notch" atau "poni" layar yang lebih lebar dibanding ponsel Android lainnya. Dilihat sekilas, penampakan ponsel tersebut mirip dengan iPhone X.

Namun dilihat lebih dekat, tampak gambaran mirip ikon emoji 3D muncul di layar jumbonya. Penampakan itu mengindikasikan perangkat tersebut memiliki sensor 3D facial recognition untuk fitur pengenal wajah.

Sensor pengenal wajah 3D tersebut diperkirakan menjadi penyebab melebarnya takik yang menjorok di atas layar. Dari gambar tersebut, modul sensor 3D berjajar dengan kamera depan, sensor gerak, dan earpiece.

Jika foto yang beredar adalah Mi 8 seperti yang dirumorkan, Xiaomi akan menjadi vendor smartphone Android pertama yang mengusung teknologi tersebut.

Selain modul kamera 3D untuk pengenal wajah, Xiaomi Mi 8 juga disebut akan menyematkan sensor pemindai sidik jari dalam layar (in-screen display fingerprint).

Foto terduga Xiaomi Mi 8 dengan poni layar lebih lebar dibanding ponsel Android lainAndroid Headlines/Weibo Foto terduga Xiaomi Mi 8 dengan poni layar lebih lebar dibanding ponsel Android lain
Teknologi itu juga bakal menjadi yang pertama muncul di Xiaomi, jika memang benar dipasang. Hardware Mi 8 dikabarkan akan mengandalkan chipset Snapdragon 845 dan RAM 8 GB serta media penyimpanan 64 GB.

Layarnya menggunakan panel OLED berbentang 5.5 inci dengan bingkai tipis di sisi kanan-kiri dan bawah display. Untuk baterainya, perangkat ini akan dibekali baterai kapasitas 4.000 mAh.

Xiaomi Mi 8 menjadi nama baru Mi 7 yang sebelumnya direncanakan meluncur pada Juni 2018, lalu disebut diundur hingga kuartal ketiga tahun ini. Namun, dilansir KompasTekno dari Android Headlines, akan memperkenalkan Mi 8 pada hari ini, 23 Mei.

Baca juga: Layar Xiaomi Mi 8 Beraksi Memindai Sidik Jari Dalam Bocoran Video

Smartphone Flagship ini bakal menjadi edisi spesial karena angka "8" disesuaikan dengan ulang tahun ke-8 vendor smartphone asal China tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com