Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menguji Layanan Internet Telkomsel di Ruas Tol Cipali

Kompas.com - 28/05/2018, 19:05 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menghadapi arus mudik pada Lebaran tahun 2018 ini tentu ada berbagai hal harus dipersiapkan. Mulai dari infrastruktur, rekayasa jalur, dan berbagai hal lainnya demi kenyamanan pemudik.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah infrastruktur untuk jaringan internet seluler. Pasalnya internet seluler kini memegang peranan penting dalam komunikasi.

Untuk mengetahui kesiapan operator seluler, KompasTekno melakukan pengujian di beberapa titik salah satunya adalah di ruas tol Cipali termasuk di wilayah rest area.

Salah satu operator yang kami uji adalah Telkomsel. Lantas bagaimana kinerja operator Telkomsel ini di ruas tol Cipali?

Metode pengujian

Perlu diketahui dalam pengujian ini, KompasTekno memposisikan diri sebagai pengguna yang menggunakan internet untuk browsing, streaming video dan musik, media sosial, serta bermain game online.

Ada dua mekanisme pengujian yang kami lakukan.

Pertama, seperti yang disebutkan sebelumnya, kami memposisikan diri sebagai pengguna dan menjajal aplikasi media sosial, browsing, streaming video lewat YouTube dengan kualitas 720p, streaming musik lewat Spotify dan bermain game online yakni Mobile Legend dan Player Unknown Battle Ground.

Mekanisme kedua, kami mengambil data pendukung dari sisi teknis dengan menggunakan dua aplikasi pengujian yakni nPerf dan Ookla Speedtest. Dari dua aplikasi ini kami bisa mendapatkan angka rata-rata kecepatan unduh, unggah dan angka latency (ping).

Kendala di rest area awal

Selama berada di ruas tol Cipali, kami menyambangi setidaknya empat rest area untuk melakukan pengujian yakni di rest area km 84, km 134, km 167 dan km 207.

Di dua rest area pertama yakni sekitar km 84 dan Km 134, kami menemukan hambatan minor pada jaringan Telkomsel ini.

Di rest area 84, secara teknis hasil pengujian aplikasi nPerf dan Speedtest menunjukkan angka yang positif dengan kecepatan unduh rata-rata 10,82 Mbps dan kecepatan unggah 8,44 Mbps. Hasil pengujian Speedtest pun menunjukkan angka yang tinggi.

Namun, ketika kami agak tersendat saat melakukan browsing ke beberapa situs web. Sebanyak 4 dari 7 kali percobaan gagal dan menunjukkan keterangan "disconnected".

Pada rest area Km 134 pun serupa. Bahkan kami tidak bisa melakukan pengecekan kecepatan lewat aplikasi nPerf karena jaringan yang melambat membuat sulit terhubung dengan server.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com