Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang Game PUBG Tuntut Pembuat "Fortnite"

Kompas.com - 30/05/2018, 13:11 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gamespot

KOMPAS.com - Dua pembuat game yang sedang populer kini tengah berseteru di atas meja hijau. Pengembang video game Player Unknown Battle Ground (PUBG) telah mengajukan gugatan hukum pada Epic Games lantaran dianggap melanggar hak cipta.

Perusahaan pengembang game yang berbasis di Korea Selatan ini menilai bahwa Fortnite yang dibuat Epic Games memiliki cukup banyak kemiripan dengan PUBG. Bahkan PUBG Corp menganggap Fortnite adalah hasil plagiasi dari game PUBG mereka.

Dikutip KompasTekno dari GameSpot.com, Rabu (30/5/2018) pihak PUBG Corp diketahui telah melayangkan tuntutan ini sejak Januari lalu. PUBG Corp menuntut Fortnite karena dianggap meakukan plagiasi pada gameplay berjenis "battleground" ini.

Tuntutan tersebut diketahui telah dilaporkan PUBG Corp pada badan hukum Seoul Central District Court di Korea Selatan sejak Januari lalu.

Meski demikian, dalam tuntutan tersebut tidak dijelaskan lebih lanjut apa saja kemiripan game Fortnite yang telah dianggap menjiplak PUBG.

Baca juga: Epic Game Pastikan Fortnite Hadir di Android Tahun Ini

PUBG dan Fortnite memang merupakan dua game dengan genre yang serupa, yakni battle royale. Para pemain dalam game ini dipertemukan dalam satu wilayah kemudian saling menyerang untuk bertahan sampai jadi yang terakhir.

Pada awal peluncurannya, Fortnite sejatinya hanya memiliki mode permainan "survival" di mana pemain hanya diharuskan untuk bertahan sampai akhir, dengan membuat pertahanan dari tembok untuk menghindar dari musuh.

Namun sekitar akhir 2017 lalu, Epic Games kemudian merilis mode battle royale yang mirip dengan PUBG, tanpa sepengetahuan mereka. Inilah yang membuat PUBG Corp mengungkapkan kekecewaan mereka ketika itu.

Sampai saat ini pihak Epic Games masih enggan untuk berkomentar, namun PUBG Corp memastikan proses hukum akan terus berlanjut untuk menyelesaikan masalah ini.

PUBG memang menjadi salah satu game paling laris sejak awal peluncurannya. Game bergenre battleroyal ini terjual sebanyak 40 juta copy di Steam dan 4 juta copy di konsol.

PUBG juga menduduki peringkat tertinggi game yang paling banyak dimainkan di Steam dengan jumlah pemain aktif yang bisa mencapai sebanyak 3 juta orang pemain dalam satu waktu.

Namun diketahui angka pengguna PUBG semakin menurut lantaran banyak yang beralih pada Fortnite

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gamespot
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com