Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Tanggapi Spekulasi Penerus Mi A1

Kompas.com - 31/05/2018, 07:42 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber digit.in

KOMPAS.com - Tahun 2017 lalu, Xiaomi merilis Mi 5X yang kemudian dikenal di pasar global sebagai Mi A1. Ponsel ini menjadi perangkat pertama Xiaomi yang dijalankan dengan OS Android polos.

Usia Mi A1 tergrolong singkat di pasaran, sebab tujuh bulan setelah dipasarkan, produksi Mi A1 dilaporkan mandek. Meski begitu, bukan berarti Xiaomi menghentikan sama sekali penggunaan Android murni untuk perangkatnya.

Spekulasi yang merebak di internet menyebut, Xiaomi akan me-rebranding Mi 6X sebagai Mi A2, sebagaimana yang dilakukan pada Mi 5X. Namun, salah satu perwakilan Xiaomi mengklaim jika tidak ada ponsel Mi A2, tapi produksi ponsel Android murni sebagai penerus Mi A1, akan tetap berlanjut.

"Tidak ada ponsel dengan nama itu (Mi A2). Tapi kami akan buat lebih banyak ponsel Android One", ungkap salah satu perwakilan Xiaomi seperti KompasTekno rangkum dari Digit India, Kamis (31/5/2018).

Sayangnya, dirinya tak menyebut kapan penerus Mi A1 akan segera diperkenalkan, termasuk bocoran harganya. Mi A1 resmi meluncur tahun lalu sebagai nama pasar Mi 5X yang dijalankan dengan Android 7.1.2 tanpa antarmuka bawaan Xiaomi, MIUI.

Respon Mi Fans terhadap ponsel Mi A1 tidak mengecewakan. Pasalnya, kala Xiaomi mengadakan polling sederhana melalui Twitter resminya, lebih banyak Mi Fans yang menggandrungi perangkat berbasis Android One ketimbang bersisihan dengan MIUI 9.

Baca juga: Xiaomi Mi A1 Dapat Sebutan Android One, Apa Artinya?

Tak berapa lama, kicauan tersebut dihapus oleh admin Twitter Xiaomi. Sesuai janji Xiaomi, Mi A1 bisa diperbarui dengan sistem Android baru secara berkala.

Mi 6X yang disebut-sebut menjadi kandidat Mi A2, meluncur awal April lalu di China. Ponsel berkamera ganda tersebut masih memadukan Android Oreo dan antarmuka MIUI 9.5.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber digit.in
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com