Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Hapus Fitur “Trending", Ini Gantinya

Kompas.com - 04/06/2018, 15:11 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada 2014, Facebook menambahkan fitur “Trending” berupa kolom dengan deretan topik-topik yang sedang hangat dibicarakan para pengguna jejaring sosialnya, mirip-mirip Trending Topics di Twitter.

Namun, berbeda dengan Twitter, kolom Trending di Facebook rupanya jarang dilirik. Facebook pun belakangan memutuskan untuk menghapus fitur yang sedari awal hanya tersedia di lima negara itu.

“Dari riset, kami menemukan bahwa semakin lama orang-orang semakin menganggap produk ini (Trending) kurang berguna,” tulis Head of News Products Facebook, Alex Hardiman dalam sebuah posting di laman Newsroom Facebook.

Menurut Hardiman, Trending rata-rata hanya menyumbang 1,5 persen dari jumlah klik keseluruhan para penerbit berita. Dengan kata lain, Trending tak laku dan jarang ditengok oleh para pengguna Facebook.

Baca juga: Tinggalkan Facebook, Remaja Beralih ke YouTube dan Instagram

Kolom Trending di Facebook.The Verge Kolom Trending di Facebook.

Rencananya Trending sudah akan mulai dihapus pada pekan ini. “Kami juga akan menghapus produk-produk dan integrasi partner pihak ketiga yang mengandalkan API Trends,” imbuh Hardiman, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Independent, Senin (4/6/2018).

Fitur pengganti

Lebih lanjut, Hardiman menjelaskan bahwa pola konsumsi berita para pengguna Facebook telah bergeser menjadil lebih condong ke video di perangkat mobile. Sebab itu, pihaknya juga bakal menerapkan sejumlah perubahan terkait penyajian berita.

Pertama, Facebook sedang menguji coba label “Breaking News” untuk posting dari penerbit berita di linimasa, juga notifikasi. Lalu ada juga “Today In” yang akan menyuguhkan berita-berita terkini dari penerbit berita setempat di kota tempat tinggal pengguna.

Terakhir, khsusus untuk wilayah Amerika Serikat, Facebook bakal menambahkan seksi “Facebook Watch” di mana para penggunanya bisa menonton tayangan langsung, berita harian, dan laporan mendalam mingguan yang eksklusif tersedia di laman Watch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com