Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FaceTime Terbaru Bisa "Video Call" hingga 32 Orang

Kompas.com - 05/06/2018, 12:22 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - FaceTime turut menerima pembaruan signifikan pada sistem operasi iOS 12. Layanan panggilan video (video call) dan audio khusus untuk pengguna Apple tersebut kini bisa “video call” hingga 32 orang.

Antarmukanya pun terbilang sederhana. Hanya ada layar hitam dengan kotak (tile) yang menunjukkan orang-orang dalam video call.

Ketika satu orang berbicara dalam video call, tile mereka bakal ditampilkan lebih besar dibandingkan yang lain. Pengguna juga bisa menekan dua kali (double tap) pada tile tertentu untuk menetapkannya sebagai tile utama.

Komunikasi berbasis video dan grup sudah menjadi hal lumrah di era serba teknologi. Berbagai platform komunikasi maya telah lebih dulu mengimplementasikannya, sebut saja Skype, Line, dan WhatsApp.

FaceTime bisa dibilang terlambat, tetapi improvisasinya lebih matang. Layanan tersebut sudah terintegrasi dengan layanan pesan singkat Messages pada iOS 12, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (5/6/2018), dari BusinessInsider.

Baca juga: Begini Cara Video Call Berempat Sekaligus dengan WhatsApp

Orang-orang yang tergabung dalam sebuah grup Messages bisa nimbrung (join) atau meninggalkan (leave) video call FaceTime kapan pun ketika sedang aktif.

Dengan begitu, video call bisa lebih intim dalam grup pertemanan yang sudah lebih dulu rutin berkomunikasi via pesan singkat.

Video chat di FaceTime menggunakan animoji.BusinessInsider Video chat di FaceTime menggunakan animoji.

Untuk menambah keseruan mengobrol di FaceTime, Apple juga menyematkan beberapa macam filter wajah, paket stiker, serta animoji yang bisa dimodifikasi secara personal. FaceTime bisa diunduh lewat Apple App Store melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com