Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis Memoji sebagai Pesaing AR Emoji Samsung

Kompas.com - 05/06/2018, 13:49 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Apple mengumumkan fitur baru bernama Memoji di sela-sela World Wide Developer Conference (WWDC) 2018. Fitur ini sejatinya berupa stiker Animoji di iOS, yang bisa dimodifikasi mengikuti wajah penggunanya, mirip dengan fitur AR Emoji yang dimiliki ponsel Samsung Galaxy.

Pengguna iPhone atau iPad bisa membuat Memoji itu dari nol, dengan memilih fitur-fitur wajah seperti freckles, warna kulit, gaya rambut, serta aksesoris tambahan berupa kacamata atau anting-anting.

Hal menariknya, Memoji juga bisa disimpan dalam perangkat iPhone/iPad, dan menyematkannnya ke dalam pesan, sebagaimana animoji biasa. Selain itu, pengguna bisa juga memakai Memoji ini untuk menutupi wajah ketika berfoto selfie.

Sebaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (5/7/2018), perilisan Memoji ini bisa jadi merupakan respons Apple terhadap Samsung. Apalagi kedua raksasa teknologi ini memang seringkali bersaing.

Baca juga: Ini Perbedaan AR Emoji Galaxy S9 dan Animoji iPhone X

Sebelumnya, ketika Apple merilis Animoji, Samsung menjawabnya dengan perilisan AR Emoji di Galaxy S9. Selanjutnya, hanya dalam selang beberapa bulan, Apple kembali menjawab AR Emoji itu dengan perilisan Memoji.

Selain tambahan fitur Memoji, Apple pun memperbarui fitur-fitur dalam Animoji. Beberapa di antaranya adalah tambahan pendeteksi lidah serta karakter baru berbentuk hantu, koala, harimau, dan T-rex.

Di ajang WWDC 2018 tersebut, Apple juga mengumumkan kehadiran iOS 12, Mac OS Mojave dengan Dark Mode, Facetime dengan videochat hingga 32 orang serta rangkaian perangkat lunak untuk mencegah pengguna ketagihan iPhone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com