Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan Puasa, Pelanggan Telkomsel Jadi Sering Buka "Medsos"

Kompas.com - 09/06/2018, 17:08 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com - Telkomsel memaparkan kebiasaan pelanggannya ber-internet, selama bulan puasa 2018. Menurut Telkomsel, dalam kurun waktu 20 hari pertama di bulan puasa, pelanggan Telkomsel semakin aktif menggunakan layanan data.

Rata-rata pelanggan mengonsumsi 134 MB layanan data setiap harinya pada bulan puasa, atau meningkat sekitar 23 persen dibandingkan hari biasa. Demikian keterangan tertulis Telkomsel yang diterima KompasTekno, Minggu (10/6/2018).

Penggunaan layanan data didominasi pemakaian media sosial yang meningkat 24 persen dibandingkan hari biasa.

Adapun media sosial menjadi kontributor tertinggi penggunaan layanan data di jaringan Telkomsel, dengan kontribusi 35,3 persen, diikuti video streaming (31 persen), layanan pesan instan (12,8 persen), berbagai layanan Google (7,3 persen), dan games (2,4 persen).

Baca juga: Ramadhan, Menkominfo Kembali Ajak Puasa Medsos

Sementara itu, beberapa aplikasi yang menjadi favorit pelanggan selama Ramadhan tahun ini adalah YouTube yang berkontribusi terhadap penggunaan layanan data Telkomsel sebesar 25,2 persen, diikuti Instagram (18,6 persen), Facebook (15,8 persen), WhatsApp (11,3 persen), dan Google (7,3 persen).

Infografis kebiasaan pelanggan internet Telkomsel saat Ramadhan.Telkomsel Infografis kebiasaan pelanggan internet Telkomsel saat Ramadhan.
General Manager External Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengatakan, “Kami telah menyiagakan jaringan berkualitas untuk memfasilitasi perilaku pelanggan yang semakin aktif untuk berinteraksi di media sosial maupun menggunakan layanan digital lainnya saat Ramadan.”

Antisipasi lonjakan

Secara khusus, Telkomsel menambah kapasitas gateway internet 66 persen dari kapasitas existing menjadi 3.288 Gbps untuk mengantisipasi lonjakan trafik di periode mudik dan lebaran 2018.

Jalan tol yang merupakan jalur utama yang selalu padat saat mudik juga menjadi fokus pengamanan jaringan Telkomsel.

Sebanyak 16 ruas tol utama di Sumatra dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, sudah dilayani 2.226 BTS, termasuk 666 BTS 4G.

Seluruh upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan data pada periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2018.

Baca juga: Pelanggan Data Telkomsel Naik 145 Persen

Hingga kuartal pertama 2018, Telkomsel telah melayani lebih dari 108 juta pengguna layanan data, di mana 55 juta di antaranya merupakan pelanggan 4G.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com