Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Perkenalkan Galaxy A9 Star dan A9 Star Lite

Kompas.com - 10/06/2018, 10:11 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan penerus seri Galaxy A9 yang dirilis 2015 lalu, yakni Galaxy A9 Star dan A9 Star Lite. Spesifikasi yang diusung tak jauh berbeda dengan beberapa bocoran yang beredar sebelum resmi dirilis.

Galaxy A9 Star dibekali layar Super AMOLED berbentang 6,3 inci berbingkai tipis (bezel less) yang memiliki resolusi Full HD Plus.

Dapur pacunya diperkuat dengan Snapdragon 660 yang dipadankan dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan 64 GB. Baterainya memiliki kapasitas 3.700 mAh.

Galaxy A9 Star turut dibekali set-up kamera ganda di belakang. Kamera ganda berada di pinggir kiri dengan susunan vertikal. Masing-masing kamera memiliki konfigurasi 16 megapiksel (f/1.7) kamera utama dan 24 megapiksel kamera sekunder.

Sensor kamera 24 megapiksel menggunakan pixel binning untuk mengombinasikan empat piksel menjadi satu. Kamera belakang diklaim bisa merekam video berkualitas 4K pada 30 fps.

Sementara bagian depan mengandalkan kamera tunggal beresolusi 24 megapiksel dengan bukaan f/1.0 dan fitur AI beauty. Di sebelah modul dual kamera terpatri pemindai sidik jari di tengah bodi belakang.

Baca juga: Samsung Perkenalkan Galaxy A9 dengan Layar 6 Inci

Ponsel papan tengah ini juga menjadi ponsel non-flagship pertama Samsung yang sudah dilengkapi full Bixby experience, seperti Bixby Voice, Vision, Reminder, and Home.

Seperti flagship Galaxy S9, tombol Bixby juga tersedia di Galaxy A9 Star. Ada dua varian yang bisa dipilih yakni warna hitam dan putih.

Galaxy A9 Star Lite

Samsung Galaxy A9 Star LiteGSM Arena Samsung Galaxy A9 Star Lite

Galaxy A9 Star Lite, kemungkinan menjadi rebranding model Galaxy A6 Plus untuk pasar China. Sebab, spesifikasinya sangat identik yakni diagonal layar 6 inci dengan rasio aspek 18,5:9.

Hardware-nya mengandalkan chip Snapdragon 450, RAM 4 GB, storage 32 GB, dan slot microSD yang bisa diperluas hingga 400 GB. Dual-camera masing-masing berkonfigurasi 16 megapiksel dan 5 megapiksel.

Baca juga: Resmi Masuk Indonesia, Ini Harga Galaxy A6 dan A6 Plus

Posisi kamera ganda berbeda dengan Galaxy A9 Star, yakni berjajar vertikal dengan fingerprint sensor di tengah bodi belakang, mirip Galaxy S9 Plus. Kamera depannya memiliki resolusi 24 megapiksel yang dilengkapi LED flash.

Baterai Galaxy A9 Star Lite berkapasitas 3,500 mAh. Dua model warna yang bisa dipilih adalah Night Sky Black (hitam) dan Dark Blue (biru).

Kedua handset sama-sama berjalan dengan Android 8.0 Oreo dan dilengkapi fitur Dolby Atmos untuk audio.

Dilansir KompasTekno dari Sam Mobile, Minggu (10/6/2018), Galaxy A9 Star dibanderol 2.999 yuan (sekitar Rp 6,5 juta) dan Galaxy A9 Star Lite dijual 1.999 yuan (sekitar Rp 4,3 juta) di pasar China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com