Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Asus Punya Smartphone dengan RAM 10 GB

Kompas.com - 11/06/2018, 16:41 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

 
KOMPAS.com - Sampai saat ini besaran RAM tertinggi pada sebuah ponsel pintar baru mencapai angka 8 GB. Namun kabarnya, produsen ponsel pintar asal Taiwan, Asus pernah merancang ponsel dengan RAM 10 GB.

Hal tersebut diungkapkan oleh pembocor ternama, Roland Quandt lewat akun Twitter-nya. Ia mengatakan bahwa sekitar sepuluh bulan lalu, Asus pernah berniat membenamkan RAM jumbo ini pada salah satu perangkat teranyarnya meski berujung dengan kegagalan.

Ketika itu isu ponsel gaming ROG juga tengah mencuat sehingga ide ponsel RAM 10 GB ini dikaitkan dengan kabar pembuatan ponsel Asus ROG. Namun dalam perjalanannya, Asus harus membuang ide ini jauh-jauh karena kendala teknis.

Dikutip KompasTekno dari PhoneArena, Senin (11/6/2018), modul yang digunakan menurut Roland, tidak dapat dimasukkan ke dalam bodi ponsel.

Ini karena ukuran modul RAM 10 GB ini yang terlalu besar sehingga jika dipaksakan, ponsel tidak akan memiliki dimensi yang tidak proporsional.

"Beberapa bulan lalu, Asus berencana menyematkan RAM 10 GB pada ponsel flagship terbarunya (mungkin ROG). Tapi tidak dapat dilakukan karena masalah pengemasan (biasanya diletakkan di atas SoC, tapi tidak ada ruangan lagi untuk menaruh modul tersebut)," ungkap Roland melalui akun Twitter @rquandt.

Baca juga: Inikah Smartphone RAM 10 GB Pertama di Dunia?

Ide ini memang bisa dibilang cukup "gila" mengingat PC desktop maupun laptop notebene lebih besar dari smartphone, masih mengadopsi RAM berukuran kurang dari 10 GB.

Kendati demikian perlu diingat juga bahwa besaran RAM 10 GB mungkin akan menjadi berlebihan karena ukuran RAM sebesar itu tentu tidak akan digunakan seluruhnya.

Namun jika ide ini benar-benar bisa direalisasikan, Asus akan menjadi produsen smartphone pertama yang berhasil membenamkan RAM 10 GB pada ponselnya. Ini juga akan menjadi sebuah gebrakan baru di dalam industri ponsel pintar.

Meski gagal dalam percobaan beberapa bulan lalu, ide ini pun tentu tidak akan ditinggalkan begitu saja oleh Asus. Besar kemungkinan Asus tetap memersiapkan RAM 10 GB ini untuk smartphone unggulan lainnya atau bahkan ROG Phone generasi berikutnya.

Baca juga: Asus Resmikan ROG Phone, Ponsel Gaming Pesaing Xiaomi Black Shark

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com