Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Perbaiki Hasil "Foto Merem" dengan Kecerdasan Buatan

Kompas.com - 20/06/2018, 11:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hasil foto yang memperlihatkan mata tertutup (merem) sudah menjadi masalah lumrah. Penyebabnya jelas, yakni tak siap ketika dipotret, atau flash kamera terlampau silau menyambar mata saat foto diambil.

Facebook ingin memberikan solusi atas masalah ini melalui teknologi kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI). Terknologi tersebut memungkinkan mata tertutup di foto asli digantikan oleh mata terbuka hasil komputer.

Tak perlu khawatir hasil foto dengan mata terbuka itu tampak palsu, sebab Facebook menggodoknya dengan dua komponen machine learning. Keduanya saling bersaing untuk menipu sistem agar berpikir bahwa gambar yang dihasilkan komputer adalah nyata.

Komponen pertama dilatih untuk mengenali dan mengklasifikasi kemungkinan-kemungkinan hasil foto ketika mata terbuka. Komponen kedua memoles dan menghasilkan foto mata terbuka yang meyakinkan.

Baca juga: Apa Beda Hasil Foto Kamera Film dan Digital?

Tak cukup sampai di situ, teknologi AI Facebook teranyar juga akan mencari kepalsuan dalam hasil foto mata terbuka. Kepalsuan itu akan dimodifikasi sedemikian rupa hingga hasil akhirnya tampak akurat.

“Sistem akan belajar seperti apa wajah manusia “seharusnya” terlihat, dan akan dibuat seperti itu,” kata perwakilan Facebook, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (20/6/2018), dari BusinessInsider.

Seiring berjalannya waktu, Facebook mengklaim teknologi AI-nya bakal lebih baik. Pasalnya, komponen-komponen machine learning bakal belajar lebih banyak hingga menghasilkan mata terbuka yang realistis.

Dalam uji cobanya, Facebook kebanyakan melibatkan artis Pakistan. Beberapa di antaranya Muneeb Butt, Mehren Syed, Anoushey Ashraf, dan Ayesha Omar. Belum jelas kapan teknologi ini bisa dipakai secara masif di berbagai jejaring sosial milik sang raksasa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com