Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Oppo Find X

Kompas.com - 21/06/2018, 09:45 WIB
Reza Wahyudi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

PARIS, KOMPAS.com - Oppo baru saja merilis smartphone flagship terbaru Find X dengan sejumlah inovasi dan fitur termutakhir. Oppo Find X dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yaitu 999 euro atau sekitar Rp 16,3 juta.

Dengan banderol tersebut, apa saja yang ditawarkan Oppo Find X? Berikut 8 informasi yang perlu diketahui seputar ponsel Oppo Find X, terutama untuk Anda yang berminat membelinya.

1. Kamera geser

Tampak depan dan belakang Oppo Find X terlihat polos, tak ada tampilan kamera sama sekali. Namun bukan berarti Find X tidak punya kamera untuk memotret. Kamera Find X tersembunyi di balik badannya.

Oppo Find hanya tampil polos tanpa kamera saat sedang tidak digunakan untuk memotret atau merekam video.

Oppo Find X menerapkan mekanisme pop-up otomatis (motorized) untuk kamera. Ketika pengguna membuka aplikasi kamera atau membuka ponsel, modul kamera akan menyembul dengan sendirinya dari sisi atas perangkat.

Setelah menutup aplikasi kamera, modul kamera yang memuat kamera depan dan kamera belakang itu secara otomatis kembali tersembunyi di bodi ponsel.

Proses buka-tutup modul kamera pop-up Oppo Find X ini diklaim hanya membutuhkan waktu 0,5 detik. Cara kerja dan penempatan kamera di Find X ini merupakan yang pertama diterapkan di industri smartphone global.

Tampak punggung Oppo Find X, sisi kiri dalam posisi kamera aktif dengan modul kamera bergeser ke atas dan sisi kanan dalam posisi kamera sedang tidak digunakan. Dalam posisi kamera tidak aktif, Oppo Find X seakan tidak memiliki kamera sama sekali.Oik Yusuf/KOMPAS.com Tampak punggung Oppo Find X, sisi kiri dalam posisi kamera aktif dengan modul kamera bergeser ke atas dan sisi kanan dalam posisi kamera sedang tidak digunakan. Dalam posisi kamera tidak aktif, Oppo Find X seakan tidak memiliki kamera sama sekali.
Kamera depan Oppo Find X sendiri memiliki resolusi 25 megapiksel dengan aperture f/2.0 dan mendukung fitur face recognition 3D untuk keperluan pengamanan perangkat.

Selain kamera depan, kamera belakang Oppo Find X juga disembunyikan dengan mekanisme pop-up yang sama. Unit dual-camera di punggung Oppo Find X masing-masing memiliki resolusi 16 megapiksel (f/2.2) dan 20 megapiksel (f/2.0).

2. Bebas notch/poni

Find X bebas dari desain poni atau notch yang biasa ada di ponsel bezel-less lain. Tombol Home yang biasa tersemat di ponsel Oppo pun menghilang dari Find X.

Layar Oppo Find X tampak "bersih".  Ini karena dua komponen, yaitu modul kamera depan dan speaker telepon, yang biasa terletak pada notch, disembunyikan di balik layar.

Selain itu, Oppo Find X memiliki bingkai atau bezel yang cukup tinggi. Kombinasi bebas notch, tombol home, dan bingkai tipis ini membuat Oppo Find X memiliki "wajah" yang nyaris sepenuhnya layar.

Baca juga: Memegang dan Melihat Oppo Find X dari Berbagai Sisi

Rasio layar berbanding bodi dari Find X mencapai 93,8 persen. Angka ini bisa dibilang merupakan yang terbesar untuk smartphone keluaran terbaru. Saingan terdekat Find X adalah Vivo Nex yang memiliki aspect ratio to body sebesar 91,2 persen.

Oppo Find X dalam posisi kamera tidak sedang digunakan, terlihat bersih tanpa penampakan lensa kamera, notch, dan sensor lainnya.Reza Wahyudi/KOMPAS.com Oppo Find X dalam posisi kamera tidak sedang digunakan, terlihat bersih tanpa penampakan lensa kamera, notch, dan sensor lainnya.
Layar Find X sendiri menggunakan teknologi OLED. Rasio layar berukuran 6,4 inci dari Find X adalah 19,5:9 dengan resolusi 2.340 x 1080 piksel.

3. Layar mirip Galaxy S9

Oppo Find X memiliki layar yang melengkung pada sisi kiri dan kanan. Ini untuk pertama kalinya, Oppo mengusung konsep layar dual-edge-curved alias melengkung pada kedua sisinya di seri Find X.

Bentuk layar seperti ini sejak lama diterapkan Samsung pada lini smartphone kelas atasnya, terakhir di Galaxy S9 dan S9 Plus. Kabarnya, komponen layar Oppo Find X memang dipasok khusus oleh Samsung.

Penggunaan layar lengkung di pinggiran perangkat smartphone disebut untuk menciptakan kenyamanan saat digenggam.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com