Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Jaringan 5G, Huawei Siapkan Chip Kirin 1020

Kompas.com - 21/06/2018, 18:12 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - HiSilicon Technologies, anak perusahaan milik Huawei dikabarkan tengah menyiapkan prosesor kelas atas teranyar. Chipset itu digadang-gadang memiliki kemampuan dua kali lipat lebih cepat dari Kirin 970.

Menurut sebuah laporan, chipset Kirin 1020 yang tengah dipersiapkan ini akan mendukung kemampuan jaringan internet generasi kelima alias 5G. Meski belum ada kabar pasti, besar dugaan chipset ini akan diluncurkan bersamaan dengan ponsel pertama berkemampuan 5G.

Dikutip KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (21/6/2018), saat ini Kirin 970 memang masih menjadi chipset andalan untuk ponsel kelas atas Huawei. Chipset ini juga menjadi prosesor pertama yang memiliki on-board AI chip.

Sayangnya dengan spesifikasi ini, Kirin 970 dianggap masih belum mampu menyamai Snapdragon 845. Chip besutan Qualcomm ini secara teknis masih memiliki kemampuan di atas Kirin 970, baik dari segi kecepatan maupun efisiensi daya.

Baca juga: Qualcomm Pamer Smartphone 5G Pertama

Sebagai perbandingan, Kirin 970 memilki CPU 8-inti yang mencakup 4 unit Cortex A73 dengan kecepatan 2,4 Ghz dan 4 unit Cortex 53 dengan kecepatan 1,8 Ghz. 

Kirin 970 pun memiliki kemampuan prosesor grafis 20 persen lebih baik dari versi sebelumnya, serta tingkat konsumsi daya 50 persen lebih rendah.

Kirin 1020 yang tengah dikembangkan ini diharapkan dapat mampu bersaing dengan prosesor kelas atas besutan Snapdragon. Sebagaimana diketahui, saat ini pangsa pasar chip mobile memang tengah dikuasai oleh Qualcomm.

Huawei sendiri bukan vendor ponsel pertama yang membuat chip secara mandiri. Samsung dan Apple pun demikian, mereka memproduksi chipset buatan sendiri demi memangkas biaya produksi, dan meminimalisasi risiko dari ketergantungan pada produsen pihak ketiga.

Sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut, ponsel apa saja yang nantinya akan menggunakan prosesor ini. Tapi biasanya, chipset Kirin hanya akan digunakan pada ponsel Huawei atau Honor.

Kendati demikian sampai berita ini ditayangkan Huawei pun belum memberikan komentar resmi terkait hal ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com