Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengingat Lokasi Parkir Mobil dengan Google Assistant

Kompas.com - 23/06/2018, 16:30 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GadgetsNow

KOMPAS.com - Google memperkenalkan banyak inovasi teknologi baru di ajang tahunan “Google I/O” baru-baru ini. Saking banyaknya, ada beberapa hal yang luput dari sorotan khalayak.

Salah satu yang kurang mendapat perhatian adalah fitur baru “Google Assistant”, yang memungkinkan pengguna menandai (pin) lokasi parkir di peta digital “Google Maps”.

Fitur ini terbilang simpel, tetapi solutif untuk masalah sehari-hari. Pasalnya, tak jarang seseorang lupa memarkir kendaraan di mana, sehingga harus keliling area parkir berkali-kali.

Nah, untuk pin lokasi parkir di Google Assistant, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama-tama pastikan aplikasinya telah diperbarui ke versi teranyar.

Lalu, pastikan sistem operasi Anda berjalan pada Android Marshmallow ke atas atau iOS 10 ke atas. Anda juga harus mengaktifkan layanan lokasi dan mengkonfigurasikan perintah suara.

Baca juga: Indonesia Kedatangan Fitur Pengingat Tempat Parkir di Google Maps

Selanjutnya, panggil Google Assistant dengan perintah suara “Ok Google” pasca memarkir mobil. Ucapkan “Remember where I parkerd” (ingat di mana saya parkir).

Google Assistant bisa mengingatkan parkir di mana.GadgetsNow Google Assistant bisa mengingatkan parkir di mana.
Google Assistant akan merekam koordinat GPS lokasi tersebut di Google Maps dengan menyematkan pin parkir khusus, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (23/6/2018), dari GadgetsNow.

Setelah melakukan kegiatan dan ingin mencari tempat parkir, ada dua metode yang bisa dilakukan, sebagai berikut.

Metode pertama, buka Google Assistant dengan perintah suara “Ok Google”. Selanjutnya tanya “Where’s my car”. Google akan otomatis membuka lokasi yang sebelumnya telah disimpan di Google Maps. Tekan koordinatnya dan ikuti navigasinya.

Metode kedua, buka Google Maps dan tekan kartu virtual “Saved Parking”. Lalu tekan “Direction” dan “Start” untuk memulai navigasi.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GadgetsNow
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com