Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati! Aplikasi Palsu "Fortnite" Bawa Malware

Kompas.com - 24/06/2018, 16:05 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Popularitas game battle royale Fortnite semakin menanjak. Setelah hadir di iOS game ini kabarnya akan segera dirilis untuk Android.

Meski demikian, Epic Games selaku pengembang belum memastikan kapan Fortnite untuk Android akan diluncurkan. Namun di dunia maya sudah banyak tersebar APK palsu berbahaya yang kemungkinan besar membawa malware.

Dikutip KompasTekno dari Independent, Minggu (24/6/2018) APK palsu ini tersebar lewat tautan yang muncul dalam sebuah video di YouTube.

Dalam video tersebut pengguna disajikan cuplikan-cuplikan game Fortnite yang seolah telah hadir untuk perangkat Android. Kemudian tautan itu muncul untuk mengelabui pengguna.

Pengguna yang tertipu akan diarahkan pada halaman unduh. Aplikasi palsu yang diinstal ini, menurut Nathan Collier dari Malwarebytes memang terlihat sangat meyakinkan.

Baca juga: Diperbarui, Game PUBG Mobile Jadi Mirip Fortnite

Sampai-sampai aplikasi ini menggunakan logo resmi yang diambil dari iOS. Kemudian pada bagian loading screen juga terdapat logo Epic Games serupa dengan tampilan pada iOS.

"Untuk membuat aplikasi itu meyakinkan, ikon dibuat semirip mungkin. Setelah ditelusuri, ternyata ikon itu diambil dari Fortnite versi iOS sehingga tampak seperti asli," ungkap Nathan.

Tampilan inilah yang dapat mengelabui pengguna. Kemudian setelah itu, muncul halaman "new update" di mana memerintahkan pengguna untuk mengklik tombol tersebut.

Bagian inilah yang berbahaya. Jika diklik, pengguna akan dialihkan pada halaman lain untuk mengunduh aplikasi lainnya selayaknya scammer pada umumnya.

Malwarbytes mengatakan bahwa aplikasi ini memang belum teridentifikasi membawa malware berbahaya, namun pengguna disarankan tetap waspada mengingat banyak pihak tak bertanggungjawab yang memanfaatkan antusiasme gamers pada Fortnite.

Kemungkinan adanya malware pada aplikasi palsu ini tetap ada apalagi jika pengguna tak waspada. 

Modus seperti ini sejatinya sudah biasa terjadi ketika ada aplikasi yang begitu populer. Oleh karena itu, pengguna sebaiknya mengunduh aplikasi dari pengembang dan toko aplikasi resmi seperti Google Play.

Fortnite sendiri memiliki jumlah penggemar yang semakin menanjak. Beberapa waktu lalu Epic Games mengumumkan jumlah pemainnya telah mencapai lebih dari 125 juta pemain dari seluruh dunia. Angka ini terbilang sangat tinggi untuk game yang baru diperkenalkan pada 2017 lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com