Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Xbox yang Bakal Dirilis 2020 Mendatang?

Kompas.com - 25/06/2018, 20:15 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft disebut-sebut akan meluncurkan Xbox generasi berikutnya pada 2020 mendatang. Kepala Divisi Xbox, Phil Spencer pun sudah mengonfirmasi bahwa perusahaan memang tengah menyiapkan konsol anyar.

Sayangnya Phil tidak secara gamblang menjelaskan akan seperti apa konsol ini nantinya. Microsoft sendiri menyiapkan konsol ini dengan nama kode "Scarlett".

Dikutip KompasTekno dari Toms Guide, Senin (25/6/2018), perangkat Microsoft ini nantinya bukan lagi jadi sekadar konsol, tetapi besar kemungkinan akan menghadirkan layanan streaming game.

Hal ini terindikasi dari perkataan Phil di ajang E3 yang dihelat beberapa waktu lalu. Dalam gelaran tersebut, Phil juga memastikan bahwa tim yang tengah bekerja pada konsol Xbox terbaru ini adalah tim yang sama yang menggarap Xbox One X.

"Kami ingin memberi pengalaman terbaik bermain game di mana pun dan kapan pun," ungkap Phil dalam gelaran E3.

Kabar ini sejatinya bukan yang pertama kali. Pada 2016 lalu Microsoft juga diberitakan akan meluncurkan Xbox TV. Perangkat ini kabarnya bisa digunakan untuk mengakses game Xbox One hanya bermodalkan TV dan koneksi internet.

Baca juga: Microsoft Luncurkan Konsol Xbox Terbaru pada 2020?

Selain kemampuan streaming game, Microsoft juga diprediksi tak hanya meluncurkan satu konsol, melainkan ada beberapa varian.

Konsol Xbox generasi berikutnya diprediksi akan memiliki beberapa versi sesuai dengan spesifikasi layaknya sebuah ponsel.

"Tim yang sama, yang tengah menggarap Xbox One X ini juga sedang menyiapkan arsitektur untuk beberapa konsol Xbox berikutnya," ungkap Phil.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan apa saja varian Xbox yang akan diluncurkan nantinya.

Pihak Microsoft masih belum memberi informasi lebih lanjut seputar konsol ini. Memang wajar, pasalnya Xbox One X pun baru saja diperkenalkan pada akhir 2017 lalu, sehingga Microsoft lebih lebih banyak bicara soal konsol ini.

Sebelumnya, Sony pun dikabarkan akan merilis konsol generasi teranyarnya juga pada 2020 mendatang. PlayStation 5 juga diprediksi akan memiliki layanan streaming game, di samping penggunaan cakram blue-ray.

Memang, industri video game diramalkan akan beralih pada penggunaan cloud atau komputasi awan ketimbang media fisik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com