Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Pastikan Keamanan Semua Aplikasi di Play Store

Kompas.com - 26/06/2018, 08:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Slash Gear

KOMPAS.com - Google baru saja membuat perubahan kecil namun cukup bermanfaat bagi pengguna Android. Pasalnya, sistem keamanan metadata akan disebar di seluruh APK Android terbaru.

Kemanan tersebut akan memastikan semua aplikasi yang terpajang di toko aplikasi Google Play Store adalah otentik dan berasal dari sumber yang kredibel. Pelacakan autentikasi bisa dilakukan bahkan ketika penggunanya sedang tidak terkoneksi internet.

"Nantinya, untuk aplikasi yang didapatkan dari kanal distribusi yang telah disetujui Play (Store), kami akan bisa menentukan autentikasi aplikasi ketika perangkat offline, menambahkan aplikasi yang dibagikan ke pustaka Play Store, dan mengatur pembaruan aplikasi ketika perangkat kembali online" tulis Google dalam blognya.

Metadata tersebut akan terpasang di APK terbaru, Android Signature Scheme. Android akan mensyaratkan metadata tersebut untuk ada di setiap aplikasi yang terinstal. Metadata akan memberikan kontrol kepada para pengembang aplikasi tentang bagaimana dan kapan aplikasi mereka digunakan.

Baca juga: Google Play Store Catat Rekor Unduhan Aplikasi Terbanyak

Bisa dikatakan, sistem yang digunakan Google adalah manajemen hak digital (DRM). Sistem ini bisa digunakan untuk melndungi produk digital yang memiliki hal cipta dengan memberi batasan-batasan akses tertentu pada pengguna.

Sistem yang dipasang Google, diklaim akan meningkatkan sistem keamanan di paltform Android untuk mempersulit pemasangan aplikasi palsu dan aplikasi berbahaya lainnya, sebagaimana KompasTekno lansir dari Slash Gear, Selasa (26/6/2018).

Karena berupa DRM, ada beberapa hal yang perlu diperhartikan.  Misalnya, mengubah string metadata, dapat memaksa pengguna untuk meng-update versi aplikasi terbaru yang bisa jadi tidak lebih baik dari versi lama.

Memang masih dini untuk memastikan apakah pemaksaan semacam itu akan terjadi dalam waktu dekat ini. Namun pastinya, pembaruan sistem keamanan ini akan sangat membantu pengguna Android yang was-was setelah laporan 800 aplikasi di Play Store terjangkit malware pada awal Juni lalu.

Dengan sistem ini, pengguna akan terhindar dari aplikasi populer palsu yang berpeluang mengambil data pengguna saat pertama kali mengunduh.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Slash Gear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com