Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Browser Microsoft Edge di Android dan iOS Bisa Blokir Iklan

Kompas.com - 26/06/2018, 18:15 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft Edge bisa menjadi salah satu alternatif pilihan untuk Anda yang tak ingin diganggu iklan saat berselancar di dunia maya. Browser ini kini membenamkan fitur anti-iklan untuk versi Android dan iOS.

Dalam menghadirkan fitur ini, Microsoft menggandeng software anti-iklan populer Adblock Plus. Fitur ini nantinya akan dapat dinikmati langsung dari browser tanpa harus menambah ekstensi secara terpisah.

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Selasa (26/6/2018), software anti-iklan ini akan hadir dalam waktu dekat khusus untuk Android dan iOS. Sedangkan untuk PC, Adblock Plus masih hadir sebagai ekstensi sehingga pengguna harus memasangnya secara terpisah.

Pemasangan software anti-iklan secara default pada browser seperti ini memang bukan yang pertama. Sebelumnya Mozilla sudah melakukan hal serupa pada Firefox versi Android. Perbedaannya, Mozilla mengembangkan softwarenya sendiri sedangkan Microsoft menggandeng pihak ketiga.

Baca juga: Browser Opera Bisa Blokir Iklan Otomatis

Google pun melakukan hal serupa dengan mengintegrasikan software anti-iklan dalam browser Chrome untuk Android. Namun sebagaimana kita ketahui, iklan-iklan yang bertebaran di dunia maya sejatinya menjadi tambang uang untuk Google sehingga fitur anti-iklan yang dipasang tidak berjalan optimal.

Microsoft Edge sendiri kini memiliki jumlah pengguna yang cukup tinggi khususnya untuk versi Android. Browser ini kini telah diunduh lebih dari 5 juta kali di Play Store. Angka ini boleh dibilang cukup fantastis mengingat Edge untuk Android baru dirilis pada Desember 2017 lalu.

Edge mulai digandrungi pengguna karena browser ini menawarkan pengalaman menjelajah web yang berkelanjutan dari PC Windows hingga pada perangkat Android.

Selain itu, Edge juga dibekali dengan pembaca kode QR, pencarian suara, dan mode InPrivate yang memberikan jaminan privasi lebih kepada pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com