Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Android Nokia Dapat Upgrade “Face Unlock”

Kompas.com - 26/06/2018, 19:07 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fitur sekuriti berbasis pengenalan wajah alias face unlock, belakangan banyak diusung oleh vendor Android. Nokia pun rupanya tak mau ketinggalan.

Dalam sebuah tanya jawab di Twitter, merek ponsel legendaris yang lisensinya kini dipegang oleh HMD Global itu mengatakan bahwa empat model smartphone besutannya bakal mendapatkan fitur face unlock.

Keempat model ponsel Nokia dimaksud adalah Nokia 8 Sirocco, Nokia 8, Nokia 7 Plus, dan Nokia 6 generasi terbaru. Face unlock disebut akan hadir lewat update over-the-air (OTA) dalam “beberapa bulan ke depan”.

Selain empat smartphone Nokia tersebut, belum diketahui apakah fitur serupa akan turut hadir pula di model-model ponsel Nokia yang lain. Fitur Face unlock memang membutuhkan chipset (CPU dan ISP) yang mumpuni, supaya bisa bekerja dengan cepat dan akurat.


Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (26/6/2018), keempat model smartphone Nokia yang disebutkan pun sebenarnya tak memiliki hardware khusus, seperti proyektor inframerah untuk melakukan pengenalan wajah secara tiga dimensi.

Baca juga: Menjajal Nokia 8, Smartphone Flagship Rp 6 Jutaan

Jadi, kalaupun nanti sudah mendapat fitur face unlock, kemungkinan fitur keamanan tersebut hanya akan mengandalkan pengenalan wajah lewat kamera depan semata. Metode itu tak seaman face unlock secara tiga dimensi.

Selain face unlock, tahun lalu Nokia sempat mengumumkan bahwa ponsel besutannya bakal mendapat  sistem operasi Android P.

Update OS itu disebut akan hadir untuk semua ponsel Nokia. Pekan ini Android P Developer Preview 3 sudah mulai hadir di Nokia 7 Plus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com