Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Membungkam Celotehan Anggota Grup WhatsApp

Kompas.com - 01/07/2018, 14:47 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Obrolan grup WhatsApp yang kerap melebar, kini mulai bisa dikontrol. Pasalnya, admin grup WhatsApp sudah bisa membatasi percakapan yang menjejali jendela obrolan melalui fitur anyar WhatsApp.

Caranya adalah melalui opsi baru bernama "Only Admins" di dalam menu "Send Message" di setting aplikasi. Dengan mengaktifkan opsi ini, hanya anggota yang terdaftar sebagai administrator saja yang bisa mengirim pesan ke sebuah grup.

Kehadiran fitur baru untuk "membungkam" celotehan para anggota grup tersebut diharapkan bisa memuluskan penggunaan grup untuk keperluan tertentu, misalnya memberikan pengumuman penting yang bersifat satu arah. Karena hanya admin yang dibolehkan menulis pesan, pengumuman pun tak tenggelam di balik obrolan para anggota.

"Salah satu skenario penggunaan grup adalah untuk menerima informasi penting, termasuk bagi para orang tua dan guru di sekolah, pusat komunitas, dan organisasi non-profit. Kami memperkenalkan setting baru untuk memudahkan para admin dalam kasus seperti itu," tulis WhatsApp dalam sebuah posting blog berisi pengumuman.

Cara membungkam anggota grup WhatsApp

Pembaruan terkait obrolan grup ini telah tersedia di WhatsApp iOS versi 2.18.70 dan Android versi 2.18.201. Untuk melakukan penyetelan, admin grup bisa membuka "Group Info" (info grup) lalu pilih "Group Setting" dan pilih opsi "Send Message".

Admin bisa memilih antara dua opsi yang tersedia yakni "All Participant" (semua anggota grup) atau "Only Admins" (hanya admin). Jika opsi "hanya admin" yang dipilih, maka akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa admin telah mengganti setelan grup sehingga hanya mengizinkan admin untuk mengirim pesan.

Cara mengatur bungkam percakapan bagi admin grup WhatsAppKompas.com Cara mengatur bungkam percakapan bagi admin grup WhatsApp
Sementara di jendela anggota lain, kolom ketik pesan akan hilang, diganti dengan pemberitahuan bahwa "hanya admin yang bisa mengirim pesan". Anggota lain bisa mengecek siapa saja admin yang diizinkan untuk mengirimkan pesan dengan mengetuk tulisan "admin" berwarna hijau. Admin bisa mengembalikan lagi setting "Send Message" seperti sedia kala apabila diinginkan.

Baca juga: Resmi, Rekam Pesan Suara di WhatsApp Tak Perlu Tahan Tombol Lagi

Selain itu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Blog WhatsApp, Minggu (1/7/2018), admin juga bisa melakukan batasan yang sama untuk mengubah info grup. Melalui opsi "Edit group info", admin bisa memilih semua anggota atau hanya admin saja yang bisa mengubah subjek, deskripsi, dan ikon profil grup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com