Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Patenkan Smartwatch yang Bisa Menyimpan Earphone

Kompas.com - 04/07/2018, 08:01 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Huawei adalah salah satu pabrikan gadget yang aktif memproduksi perangkat smartwatch berbasis sistem operasi Wear OS besutan Google.

Belakangan perusahaan asal China tersebut diketahui menyiapkan inovasi baru berupa arloji pintar yang bisa menyimpan sepasang earphone.

Keberadaan sang calon perangkat diketahui lewat dokumen paten yang beredar di internet. Ilustrasi di dalamnya memperlihatkan bahwa arloji pintar Huawei ini memiliki kompartemen khusus untuk keperluan itu.

Kompartemen tersebut kemudian bisa ditempelkan di sabuk smartwatch. Komponen earphone sendiri turut dipatenkan. Huawei menyebutkan alat audio ini tahan air dan memiliki fitur active noise cancellation.

Entah mengapa Huawei merasa perlu ada smartwatch yang mampu menyimpan earphone. Mungkin saja kemampuan tersebut ditujukan untuk pengguna yang ingin mendengar musik tanpa harus membawa smartphone,

Belakangan smartwatch memang semakin mengurangi ketergantungan terhadap smartphone sehingga makin mampu pula berdiri sendiri.

Baca juga: Layanan Music Streaming Sumbang 43 Persen Pendapatan Industri Musik

Huawei sendiri tahun ini baru memperkenalkan arloji pintar Huawei Watch 2 edisi 2018. Berarti masih ada peluang konsep dalam paten bakal diterapkan di perangkat smartwatch generasi mendatang, sebut saja Huawei Watch 3.

Namun tentu saja, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Digital Trends, Rabu (4/7/2018), lantaran masih berwujud paten, belum tentu smartwatch penyimpan earphone besutan Huawei benar-benar akan mewujud dalam bentuk produk jadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com