Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Video Terpopuler 5 Tahun, "Gangnam Style" Hampir Tak Jadi Diunggah ke YouTube

Kompas.com - 04/07/2018, 12:42 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masih ingat dengan Gangnam Style? Video musik asal Korea Selatan ini beberapa tahun lalu membuat sensasi di jagat maya dengan mengumpulkan jumlah view sangat banyak di YouTube.
 
Saking banyaknya, Google selaku empunya YouTube sampai mesti mengubah programming counter view situs berbagi video tersebut, supaya mampu mengakomodir jumlah tayangan Gangnam Style yang mencapai miliaran.
 
Tapi mungkin tak banyak yang tahu bahwa Gangnam Style pernah hampir tak jadi diunggah ke YouTube. Hal itu diungkapkan oleh sang musisi kreatornya, Park Jae-sang alias PSY, dalam sebuah acara di stasiun TV Negeri Ginseng.
 
"Jujur, saya dulu tak tahu YouTube itu apa. Saat seorang rekan menyarankan untuk mengunggah video 'Gangnam Style' ke YouTube, saya menjawab 'Buat apa diunggah? Toh saya tak punya fans internasional'," ujar PSY mengulangi pesimismenya ketika itu, sebagaimana dimuat oleh SBS Pop Asia.

Baca juga: 10 YouTuber dengan Penghasilan Tertinggi 2017

 
Untung saja, Gangnam Style akhirnya tayang perdana di YouTube pada 15 Juli 2012. Popularitasnya langsung meroket. Video itu viral ke seluruh dunia. Hingga selebritas Hollywood pun berlomba meniru gaya joget PSY di Gangnam Style yang mirip kuda berjingkrak.
 
Gangnam Style menjadi video terpopuler di YouTube selama hampir lima tahun. Predikat ini baru lengser pada 2017 setelah posisinya digeser oleh video klip lagu See You Again oleh Wiz Khalifa dan Charlie Puth.

Baca juga: Setelah 5 Tahun, Rekor Gangnam Style di YouTube Akhirnya Tumbang

 
Terakhir, menurut pantauan KompasTekno, Rabu (4/7/2018), Gangnam Style telah mengumpulkan jumlah view sebanyak 3,1 miliar.
 
Gangnam Style sendiri sebenarnya berisi sindiran sosial terhadap para penghuni Distrik Gangnam di Ibukota Korsel, Seoul, yang bergaya hidup serba mewah dan mahal. Dalam video musiknya, PSY memparodikan aneka kemewahan itu sehingga terkesan konyol.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com