Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Aplikasi iPhone Terpopuler Sepanjang Masa, Siapa Juara?

Kompas.com - 05/07/2018, 20:12 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - iPhone, menjadi salah satu smartphone dengan jumlah pengguna terbesar di dunia. Kesan iPhone yang elegan dan eksklusif menjadi salah satu alasan mengapa jumlah penjualan ponsel pintar terus bertumbuh hingga kini.

Selain karena prestise, ekosistem serta aplikasi iPhone yang beragam juga menjadi salah satu alasan mengapa ponsel ini kian populer.

Dengan sistem operasi iOS, ponsel pintar yang pertama kali diperkenalkan pada 2007 silam ini dilengkapi berbagai aplikasi yang tersedia di Apps Store. Pengguna bisa mengunduh baik secara gratis maupun berbayar.

Apps Store sendiri pertama kali diperkenalkan pada Juli 2008 silam. Apps Store semakin berkembang dan mewadahi ribuan aplikasi di dalamnya.

Nah, dalam memeringati 10 tahun lahirnya Apps Store, sebuah firma analis, App Annie mempublikasikan laporannya tentang 10 aplikasi iPhone terpopuler sepanjang masa.

Baca juga: 9 Aplikasi Kamera Sekaligus Edit Foto di Android dan iOS

Dikutip KompasTekno dari Business Insider, Kamis (5/7/2018), sejauh ini aplikasi pesan instan dan media sosial masih mendominasi jadi yang terpopuler hingga saat ini. Berikut ini adalah 10 aplikasi iPhone terpopuler sepanjang masa.

10. QQ

QQ adalah sebuah aplikasi pesan instan yang dikembangkan oleh raksasa teknologi di China, yakni Tencent. Aplikasi ini serupa dengan Facebook Messanger. Di dalamnya terdapat layanan games, musik, belanja online, dll.

9. WeChat

Sama seperti QQ, aplikasi ini juga dikembangkan oleh Tencent. Perbedaannya, WeChat memiliki kemampuan yang lebih luas seperti media sosial hingga untuk pembayaran. Hingga Maret tahun ini WeChat tercatat memiliki sebanyak 1 miliar pengguna aktif bulanan.

8. Skype

Skype sejatinya sudah sangat populer bahkan sebelum aplikasi pesan instan lainnya bermunculan. Skype yang diakuisisi Microsoft pada 2012 lalu ini telah diunduh jutaan kali oleh pengguna iPhone di seluruh dunia. Kendati demikian aplikasi ini cukup kesulitan bersaing dengan pesan instan lainnya.

7. Snapchat

Snapchat yang pertamakali diluncurkan pada 2011 ini populer karena model penggunaannya yang unik yakni dengan merekam video pendek selama beberapa detik. Model inilah yang kemudian ditiru Instagram untuk fitur Insta Stories-nya. Snapchat saat ini tercatat memiliki sebanyak 191 juta pengguna aktif harian.

Baca juga: Logo App Store Contek Merek Pakaian China?

6. Google Maps

Peta digital milik Google ini memang sangat bermanfaat. Apalagi untuk Anda yang suka jalan-jalan ke tempat asing maupun sekadar untuk mencari jalan pintas ke tempat tujuan. Tak heran jika Google Maps jadi aplikasi terpopuler sepanjang masa di Apps Store.

5. WhatsApp

Aplikasi pesan instan besutan Jan Koum ini seolah menjadi aplikasi wajib bagi setiap pengguna ponsel pintar. Memang, saat ini WhatsApp lebih banyak digunakan untuk berkirim pesan ketimbang aplikasi lain. Sampai sekarang WhatsApp memiliki sebanyak 1,5 miliar pengguna aktif bulanan.

4. Instagram

Media sosial yang belakangan melejit saat fitur Insta Stories diluncurkan. Instagram yang pertama kali diperkenalkan pada 2010 lalu ini secara konsisten menjadi aplikasi terpopuler setiap tahunnya.

3. YouTube

Bergesernya tren konten digital pada format video membuat YouTube semakin digemari. Bahkan tak sedikit pengguna yang mencari nafkah lewat aplikasi ini. Tak heran jika YouTube masuk dalam tiga besar aplikasi iPhone terpopuler sepanjang masa.

2. Facebook Messenger

Aplikasi pesan instan milik Facebook ini memang menyediakan fitur dan fasilitas yang beragam seperti stiker, game, dll. Dengan tampilan yang enak dipandang, Facebook Messenger menempati posisi kedua sebagai aplikasi terpopuler yang diunduh untuk perangkat iPhone.

1. Facebook

Jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini memang masih menjadi tempat bersosialisasi yang paling populer. Facebook yang sempat terbentur masalah keamanan data beberapa waktu lalu tercatat telah diunduh jutaan pengguna. Bahkan dalam kuartal pertama tahun 2018, aplikasi ini telah diunduh sebanyak 29,4 juta kali oleh pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com