Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Ceraikan Intel 2020?

Kompas.com - 06/07/2018, 20:21 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Sejak perseturannya dengan Qualcomm, Apple disebut akan menggandeng Intel untuk memproduksi chip 5G untuk iPhone generasi mendatang. Namun sepertinya, hal tersebut batal terwujud.

Kabarnya, Apple telah mengajukan pernyataan jika perusahaan asal Cupertino, AS tersebut memilih bercerai, tidak akan menggunakan chip modem 5G buatan Intel untuk lini iPhone tahun 2020.

Akibatnya, Intel disebut menghentikan pengembangan modem 5G yang memiliki kode nama "Sunny Peak".

Padahal jika duet tersebut terwujud, Apple digadang menjadi konsumen modem terbesar Intel.
Sebab itulah Intel sangat serius mengembangkan rencana produk modem 5G demi menyajikan modem 5G berkualitas di lini iPhone 2020.

Kepada The Verge yang dirangkum KompasTekno, Jumat (6/7/2018), perwakilan Intel memberikan respons bahwa tidak ada perubahan perjanjian dengan pelanggan dan rencana proyek mereka pada tahun 2018 hingga 2020.

Baca juga: Depak Qualcomm, Apple Gandeng Intel Bikin Modem 5G iPhone

"Kami tetap berkomitmen untuk rencana dan proyek 5G", klaim pihak Intel.

Pada bulan lalu, Bloomberg sempat melaporkan tentang indikasi pembatalan ini. Salah satu analis bernama Gus Richard mengklaim bahwa Apple tak akan menunjuk Intel sebagai pemasok modem 5G, dan mengalihkannya ke MediaTek.

Apple sepertinya benar-benar ingin lepas dari Intel. Pasalnya, tahun lalu Apple juga dikabarkan siap mendepak Intel untuk produksi chip di lini Mac tahun 2020. Apple memang tengah mengembangkan konektivitas 5G utuk lini iPhone 2020 atau setelahnya.

Namun siapa yang akan menjadi produsen chip modem 5G, agaknya masih menjadi pertanyaan besar, jika memang kabar didepaknya Intel dari proyek ini benar.

Ada kemungkinan Apple akan banting setir untuk membuat chip modem untuk lini iPhone sendiri, seperti keputusan membuat chip sendiri untuk lini laptop Mac mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com