Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Amazon Ingin Daratkan Roket ke Bulan 2023

Kompas.com - 08/07/2018, 08:31 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ambisi jelajah luar angkasa tak hanya dimiliki Elon Musk yang diwujudkan dengan mengirim mobil listriknya ke Mars. Pendiri sekaligus CEO Amazon, Jeff Bezos juga punya rencana serupa.

Jika tak ada aral melintang, roket Blue Origin akan mendarat di bulan pada 2023. Blue Origin adalah perusahaan yang memiliki ambisi luar angkasa besutan Jeff Bezos, yang ia perkenalkan pada 2000 lalu.

Targetnya adalah mendirikan pemukiman manusia di bulan. Di sebuah acara konferensi di Washington, direktur pengembang Blue Origin, A.C Charania, mengatakan jika program ini adalah langkah penting yang bertujuan untuk mendaratkan metrik ton lebih banyak lagi muatan ke bulan.

Ia menambahkan bahwa setiap misi yang bertujuan membuat pemukian manusia di sana, akan membutuhkan kemampuan tersebut.

Baca juga: Kalahkan Bill Gates, Bos Amazon Jadi Orang Terkaya Dunia 2017

Charania mengatakan bahwa Blue Origin berharap bisa menjalin kerja sama dengan organisasi lain, seperti NASA untuk terus memasok lebih banyak lagi muatan ke bulan.

Bulan April lalu, Blue Origin berhasil meluncurkan roket dan mendaratkan kembali ke Bumi. Proyek tersebut adalah uji coba kedelapan roket New Shepard milik Blue Origin.

Dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Minggu (8/7/2018), perusahaan ini juga berencana mengadakan wisata luar angkasa yang tiketnya sudah bisa mulai dipesan tahun 2019.

Tahun 2015 lalu, Blue Origin mengungkapkan rencananya mengirim manusia ke luar angkasa dalam uji coba penerbangan pada 2017, namun akhirnya batal dilaksanakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com