Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Download Game Xbox One Bakal Lebih Cepat dari Biasanya

Kompas.com - 08/07/2018, 11:02 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Jika Anda pengguna Xbox One sebaiknya segeralah perbarui sistem konsol Anda. Pasalnya Microsoft merilis pembaruan yang membuat konsol bisa mengunduh game dua kali lipat lebih cepat dari biasanya. 

Pembaruan ini membawa fitur bernama FastStart. Fitur ini bisa mengidentifikasi dan mempriortiaskan filte tertentu yang diperlukan untuk mulai memainkan sebuah game. Sehingga file-file yang tidak begitu diperlukan akan diunduh belakangan.

"Proses mengunduh akan jauh lebih cepat dan Anda bisa sesegera mungkin memainkan permainan yang Anda unduh dua kali lebih cepat," tulis Microsoft sebagaimana dikutip KompasTekno dari The Verge, Minggu (8/7/2018).

Fitur FastStart ini pertama kali diperkenalkan pada ajang E3 beberapa waktu lalu. Agar fitur ini bisa berjalan lebih efektif, pengguna setidaknya harus memiliki koneksi internet dengan kecepatan minimum 20Mbps.

Nantinya, file yang tidak begitu diperlukan akan dapat diunduh sambil game tersebut dimainkan. Sehingga pengguna tak perlu menunggu waktu lama untuk memainkan game favoritnya.

Baca juga: Seperti Apa Xbox yang Bakal Dirilis 2020 Mendatang?

Meski begitu pengguna akan tetap diberitahu lewat pesan atau notifikasi file apa saja yang telah diunduh agar game tersebut bisa terus berjalan. 


Sayangnya fitur ini tidak bisa digunakan untuk sembarang game. FastStart hanya bisa digunakan untuk game tertentu yang telah ditentukan oleh Microsoft.

Saat ini FastStart baru tersedia dan dapat digunakan untuk game yang bisa diunduh lewat Xbox Game Pass. Kendati demikian, Microsoft menjanjikan fitur ini akan dapat digunakan untuk judul game yang lebih banyak lagi.

Fitur ini dirilis tak lain untuk dapat bersaing dengan kompetitornya yakni PlayStation yang semakin berjaya dengan PlayStation Network-nya. PlayStation dan Xbox memang memiliki basis penggemar dengan wilayah yang berbeda.

 
PlayStation memiliki basis pengguna yang sangat besar di kawasan Asia sedangkan Xbox lebih besar jumlah penggunanya di Benua Biru. Namun Microsoft menegaskan fitur ini akan dirilis secara global tanpa batasan wilayah. Selain itu FastStart juga diharapkan dapat mendongkrak jumlah pembelian game secara virtual. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com