Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia "Pisang" 8110 Bakal Kebagian WhatsApp

Kompas.com - 09/07/2018, 10:12 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Nokia 8110 yang juga dijuluki ponsel “pisang” lantaran bentuknya yang melengkung dipastikan bakal bisa memakai aplikasi WhatsApp, seiring dengan dukungan yang diberikan aplikasi pesan instan itu pada sistem operasi KaiOS di dalamnya.

Sebelumnya, sistem operasi tersebut tidak bisa menerima WhatsApp. Dukungan itu baru diumumkan pasca peluncuran global JioPhone 2, ponsel fitur yang memakai sistem operasi KaiOS.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Gizmodo, Senin (9/7/2018), pasca peluncuran itu Chief Product Officer HMD Global Juho Sarvikas berkicau di akun Twitternya, mengatakan bahwa Nokia 8110 memang bakal memakai WhatsApp.


Kehadiran WhatsApp di ponsel fitur seperti ini bakal menguntungkan pengguna. Pasalnya, feature phone seperti Nokia 8810 memiliki daya tahan baterai yang jauh lebih lama ketimbang smartphone sehingga pengguna bisa memakainya untuk berkomunikasi tanpa harus siaga mencari sumber listrik.

Perihal spesifikasi, HMD Global bakal merilis Nokia 8110 dengan layar 2,4 inci, koneksi 4G, chipset Qualcomm Snapdragon 205, RAM 512 MB, memori internal 4 GB, slot kartu Micro SD hingga 64 GB, kamera 2 megapiksel, serta baterai berkapasitas 1.500 mAh.

KaiOS  sendiri merupakan sistem operasi mobile berbasis Linux yang merupakan percabangan dari Firefox OS. Adapun sistem operasi tersebut dikembangkan untuk feature phone atau ponsel tanpa layar sentuh.

Feature phone yang memakai KaiOS bakal memiliki sejumlah fitur dasar smartphone seperti 4G LTE, GPS, serta aplikasi berbasis HTML 5. Bahkan ada juga toko aplikasi sendiri yang dinamai KaiOS Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com